Strategi Pengembangan Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Islam di Sekolah

  • Ahmad Musaddad STAI Cendekia Insani Situbondo
  • Sudarsono Sudarsono STAI Denpasar Bali
  • Novena Ade Fredyarini Soedjiwo STAI Denpasar Bali
Keywords: Kepemimpinan, Pendidikan Islam, Transformasional, Partisipatif, Nilai-nilai Islam, SMP Al-Falah, Pengembangan Kepemimpinan, Keadilan, Amanah, Shura, Ihsan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan kepemimpinan berbasis nilai-nilai Islam di SMP Al-Falah Pesanggrahan Jangkar Situbondo. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini mengidentifikasi profil dan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang dikenal visioner dan inovatif. Gaya kepemimpinan transformasional dan partisipatif yang diterapkan, serta penerapan prinsip-prinsip keadilan, amanah, shura (musyawarah), dan ihsan, telah menunjukkan dampak positif terhadap kinerja akademik siswa, motivasi dan kepuasan kerja guru, serta perubahan budaya sekolah yang lebih inklusif dan kondusif untuk belajar. Temuan penelitian ini juga mengungkapkan beberapa hambatan dalam penerapan strategi, termasuk tantangan dalam memastikan keadilan dan transparansi, serta melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara aktif. Berdasarkan temuan ini, saran diberikan untuk peningkatan strategi pengembangan kepemimpinan yang lebih efektif di masa depan, termasuk pengembangan profesional berkelanjutan, peningkatan keterlibatan pemangku kepentingan, dan evaluasi serta monitoring berkala.

References

[1] Ahmad, K. (2009). Management from an Islamic Perspective. IIUM Press.
[2] al-Faruqi, I. R. (2019). Nilai-Nilai Islam dalam Kepemimpinan Pendidikan. Pustaka Islam.
[3] Al-Qaradawi, Yusuf. (1999). Fiqh al-Shura wa al-Istishara. Dar al-Shuruq.
[4] Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership ((2nd ed.)). Lawrence Erlbaum Associates.
[5] Braun, V., & Victoria, C. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. 3(2), 77–101.
[6] Chapra, M. U. (2008). The Islamic Vision of Development in the Light of Maqasid al-Shariah. The International Institute of Islamic Thought.
[7] Creswell, J. W., Creswell, J. D., Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (Fifth edition). SAGE.
[8] Deal, T. E., & Peterson, K. D. (2009). Shaping School Culture: Pitfalls, Paradoxes, and Promises. Jossey-Bass.
[9] Fullan, M. (2014). The Principal: Three Keys to Maximizing Impact. Jossey-Bass.
[10] Glenn A., B. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. 9(2), 27–40.
[11] Israel, M., & Hay, I. (2006). Research Ethics for Social Scientists: Between Ethical Conduct and Regulatory Compliance. Sage Publications.
[12] Kvale, S. (2007). Doing Interviews. Sage Publica.
[13] Lincoln, Y. S., & Guba., E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Sage Publications.
[14] Malik, A. (2017). Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berkarakter. Deepublish.
[15] Nasr, S. H. (2006). The Heart of Islam: Enduring Values for Humanity. HarperOne.
[16] Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (4Th ed.). SAGE Publications, Inc.
[17] Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior ((15th ed.)). Pearson.
[18] Sergiovanni, T. J. (2007). Rethinking Leadership: A Collection of Articles. Corwin Press.
[19] Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. Holt, Rinehart and Winston.
[20] Vroom, V. H., & Jago, A. G. (1988). The New Leadership: Managing Participation in Organizations. Prentice Hall.
[21] Yukl, G. (2010). Leadership in Organizations ((7th ed.).). Pearson.
Published
2024-06-28
How to Cite
Musaddad, A., Sudarsono, S., & Soedjiwo, N. A. (2024). Strategi Pengembangan Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Islam di Sekolah. Widya Balina, 9(1), 258 - 274. https://doi.org/10.53958/wb.v9i1.552

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>