Media Pembelajaran Sebagai Media Komunikasi

  • Novena Ade Fredyarini Soedjiwo STAI Denpasar Bali
Keywords: Media, Komunikasi, Minat Siswa

Abstract

Peran pendidik untuk mencerdaskan siswa merupakan tanggung jawab dan kewajiban. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, menimbulkan perkembangan dalam metode pembelajaran. Selain itu siswa yang terbiasa menggunakan handphone mulai tertarik dengan media komunikasi melalui jaringan internet. Siswa merasa bosan apabila pendidik mengajar dengan menggunakan metode ceramah dan bercerita, mereka membutuhkan realita melalui media audio visual. Dari fenomena ini, tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisa bentuk media pembelajaran dan upaya pendidik dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian adalah kualitatif dan dideskripsikan berdasarkan informasi yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah bentuk media pembelajaran sebagai media komunikasi berupa audio visual seperti ppt, slide, gambar, dan youtube. Upaya pendidik meningkatkan minat belajar melalui observasi, memberikan umpan balik agar siswa lebih terbuka, mengikutsertakan dalam memilih penyelesaian tugas, memberikan pujian dan reward pada siswa, memberikan dukungan dalam pemanfaatan membuat proyek melalui media pembelajaran.

References

[1] Anitah, S. (2013). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi. Strategi Pembelajaran, 2(2), 120.
[2] Ardhianto, E., Handoko, W., Lestariningsih, E., & Supriyanto, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Aplikasi Komputer Bagi Tenaga Administratif Kependidikan Di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.35315/intimas.v2i1.8836
[3] Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776
[4] Fadilah, N. U. (2019). Media Pembelajaran. Kemenag.
[5] Heri, L., Cicih, M., Darojad, D., & Agung, N. (2022). Lansia di era bonus demografi Older person in the era of demographic dividend. Jurnal Kependudukan Indonesia, 17(1), 2022. https://doi.org/10.14203/jki.v17i1.636
[6] Inah, E. N. (2013). Peranan komunikasi dalam pendidikan. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 176–188.
[7] Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741
[8] Nur Ahdianti. (2018). Analisis Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 03 Bombana Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana (IAIN Kendari). Retrieved from http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1501
[9] Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6490
[10] Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.
[11] Saputra, P. W., & Gunawan, I. G. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Sebagai Media Komunikasi dalam Pembelajaran. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, (4), 15–30.
[12] Soedjiwo, N. A. F. (2018). Transformasi Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Media. Widya Balina, 3 No. 2(Pendidikan). Retrieved from www.kompasiana.com/luthfyfds/576e04be559773a8045600a4/keutamaan-mempelajari-bahasa-asing-bagi-
[13] Uzer Usman. (1999). Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=D5MYVbhT81UC
Published
2023-06-12
How to Cite
Soedjiwo, N. A. (2023). Media Pembelajaran Sebagai Media Komunikasi. Widya Balina, 8(1), 636 - 643. https://doi.org/10.53958/wb.v8i1.258

Most read articles by the same author(s)