Peran Pendidik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Novena Ade Fredyarini Soedjiwo STAI Denpasar Bali

Keywords:

Menciptakan, Motivasi, Interaktif

Abstract

Mempelajari bahasa kedua memerlukan pemahaman khusus dan kemauan untuk mengikuti. Sebagian besar siswa menengah mengalami kendala dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Mereka dipengaruhi oleh faktor pendidik, orangtua, dan lingkungan. Perlunya peran seorang pendidik dalam memotivasi siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan keinginan untuk mempelajaran bahasa asing dalam era globalisasi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan deskritif. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode interaktif.

References

[1] A.M, Sardirman. 1988.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengejar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Press.
[2] A. Tabrani R. 1994.Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
[3] Depdikbud. 1996.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
[4] Pullias. Earl V & Jamas D. Young. 1997. A Teacher is Many Things. Indiana: University Press.
[5] Nana Sudjana dan Daeng Arifin. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
[6] Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
[7] Sondang P. Siagian. 2004.Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[8] WS. Winkel. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
[9] W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2017-10-16

How to Cite

Soedjiwo, N. A. F. (2017). Peran Pendidik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama. Widya Balina, 2(1), 16–29. Retrieved from https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/69

Most read articles by the same author(s)

> >>