Penerapan Adab Melalui Pendidikan Non Akademik Keislaman
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.56Keywords:
PENDIDIKAN, NON AKADEMIK KEISLAMAN, PENERAPAN ADABAbstract
Perkembangan zaman berindikasi dengan kemajuan teknologi, berdampak positif dan negatif. Indikasi positif dapat diterima baik oleh masyarakat luas, tetapi indikasi negatif, memerlukan cara pikir dan pandang dalam mengatasi kondisi tersebut. melalui teknologi yang canggih dan kehidupan sosial mulai menurun dalam berinteraksi secara tangible, sehingga memunculkan perilaku tidak baik. Sebagai contoh, siswa kurang mampu berinteraksi sopan dalam mengimlementasikan rasa hormat dengan guru dan orang tua.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dari beberapa pendidik keislaman pada jenjang pendidikan menengah pertama atau madrasah di Denpasar, dapat menjelaskan proses pembelajaran ekstrakurikuler berbasis keislaman. Melalui pendekatan penelitian kualitatif deskritif mampu mendeskripsikan secara interpretatif dengan dianalisis berdasarkan teori yang berhubungan dengan perubahan perilaku dan karakter. Penerapan adab melalui pendidikan non akademik berbasis keislaman dapat memberikan perubahan baik segi mental, sikap, dan prestasi.
References
[2] Banoe, Ponio. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
[3] Edward Lee Thorndike: 1874-1949. The American Journal of Psikology. Google Scolar.
[4] Elizabeth B. Hurlock. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
[5] Fattah, Abdul. 1966. Adab Islam. terj.Moh Suri Sudahri A. Jakarta Timur: Pustaka ALKautsa.
[6] Fraenkel, Jack R. 1977. How to Teach about Values: An Analytical Approach, Englewood, NJ: Prentice Hall
[7] Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
[8] Rusn, Abidin Ibnu. 1994. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[9] Keosoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Integral. Kompas, diambil tanggal 11 Februari 2010.
[10] Shihab, M. Quraish. 1994. Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
[11] Sulisyorini. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Semarang: Tiara Wacana
[12] Sulhan, Najib. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: PT. JP Press Media Utama.