Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Melalui Supervisor Pengajaran

  • Novena Ade Fredyarini Soedjiwo STAI Denpasar Bali
Keywords: Disiplin Kerja, Pandemi, Supervisi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tanggungjawab kepala sekolah sebagai pengawas yang bertugas menyusun, melaksanakan, dan menggunakan hasil pengawasan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran dan pendidikan. Kepala sekolah memegang peranan penting dalam mengontrol kemajuan suatu sekolah. Pengawasan dilakukan untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran daring bagi siswa di masa pandemi. Kondisi tersebut tidak membuat guru kehilangan tanggung jawab atas tugas dan kewajibannya serta malas untuk bersekolah. Hal ini tidak terlepas dari peran kepala sekolah dalam melakukan pembinaan terhadap sekolah. Untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dan kedisiplinan di masa pandemi melalui supervisi pengeajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah; untuk mngetahui cara meningkatkan disiplin kinerja guru di masa pandemi melalui pengawas mengajar dan solusi yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan disiplin kinerja guru di masa pandemi melalui pengawas mengajar. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini akan dideskripsikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: kemampuan kepala sekolah sebagai pengawas dalam melaksanakan, menyusun dan mengevaluasi guru dalam mengoptimalkan disiplin kerja guru melalui aturan dan peraturan jadwal supervisi serta melakukan evaluasi dan memberikan arahan terhadap guru yang kurang kompeten. Kebijakan kepala sekolah dalam kedisiplinan kepada bawahan, menegur guru yang tidak disiplin, melakukan evaluasi kerja dengan memberikan arahan, kritik dan saran.

References

[1] Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), 172
[2] Ayunda, Aretsa Zana, Unik Hanifah Salsabila, Nawal El Zuhby, and Santi Mahmuda Urbaningkrum. “Peningkatan Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Dengan Sistem Daring.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4, no. 3 (2021): 429–36. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.39810.
[3] Chinditya, Chindytia Chinditya, Agus Susanta Susanta, and Abdul Muktadir Muktadir. “Implementasi Literasi Dalam Pembelajaran Membaca Berbasis Cerita Rakyat Bengkulu Pada Siswa Kelas Iv SD IT Al-Qiswah Bengkulu.” Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2020): 184–96. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.14131.
[4] Edy, Sutrisno. Manajemen Sumber Daya Manusiatle. 8th ed. Jakarta: Kencana, 2016. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1054879#.
[5] Fathanah. “PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA PADA KELAS VII DI MTs ASSULAMY LANGKO LINGSAR LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019.” Skripsi 1 (2020): 88. http://etheses.uinmataram.ac.id/475/1/Fathanah 1501050607.pdf.
[6] Girsang, Elsinar. “Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Kinerja Guru Pada Sd Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong.” Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan 4, no. 2 (2020): 162. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43122.
[7] Gubernur Bali, Surat Edaran. “Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (Ppkm) Level 4 Corona Virus Disease 2019 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru Di Provinsi Bali.” 4 Agustus 2021, 2021. dih.baliprov.go.id/produk-hukum/peraturan-perundang-undangan/surat-edaran-gubernur-bali/28779.
[8] Magister, Temu, Pendidikan Biologi, and U M Metro. “HUBUNGAN DISIPLIN KERJA DAN IMBALAN DENGAN KEBERHASILAN TUGAS GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) SE-KECAMATAN SEPUTIH BANYAK” 3, no. 2 (2018).
[9] Mulyasa, Enco. “Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK,” 2003.
[10] Pekalongan Kantor Kementrian Agama. “Momen Pemulihan Sistem Pendidikan Pasca Pandemi.” 6 Oktober 2021, 2021. https://jateng.kemenag.go.id/2021/10/momen-pemulihan-sistem-pendidikan-pasca-pandemi/.
[11] Soedjiwo, Novena Ade Fredyarini. “Transformasi Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Media,” n.d. www.kompasiana.com/luthfyfds/576e04be559773a8045600a4/keutamaan-mempelajari-bahasa-asing-bagi-.
[12] Soetopo Hendiyat dan Sumanto, Wasti. Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. 1st ed. Jakarta: Bina Aksara, 1984. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=157300.
[13] WartaGuru.id. “Macam-Macam Administrasi Guru Yang Harus Disiapkan Oleh Guru Di Sekolahe.” Rabu, 20 April 2022 - 13:27 WIB, 2022. https://wartaguru.id/macam-macam-administrasi-guru-yang-harus-disiapkan-oleh-guru-di-sekolah/.
Published
2022-12-26
How to Cite
Soedjiwo, N. A. (2022). Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Melalui Supervisor Pengajaran. Widya Balina, 7(2), 489 - 499. https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.156

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>