Penerapan Konsep Deming Sebagai Upaya Pengembangan Mutu Pendidikan Di MA Darussalam Jember

  • Nurul Iflaha STIS Miftahul Ulum Lumajang
  • Sudarsono Sudarsono STAI Denpasar Bali
Keywords: Konsep Deming, Mutu Pendidikan

Abstract

Mutu Pendidikan merupakan kesesuaian antara kebutuhan pihak yang berkepentingan atau stakeholders baik internal (peserta didik, pendidik, kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya) maupun eksternal (calon peserta didik, orang tua, masyarakat, pemerintah, dunia usaha dan industri), dengan layanan yang diberikan oleh pengelola pendidikan. Fokus dalam penelitian adalah mendeskripsikan penerapan konsep deming dalam pengembangan mutu pendidikan di MA Darussalam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripti dengan jenis penelitian empiris. Hasil penelitian yakni dalam mengembangkan mutu pendidikan, MA Darussalam menggunakan metode atau cara konsep Deming yang berjumlah 14 poin akan tetapi ada satu poin yang tidak sesuai dengan konsep Deming yaitu akhiri praktek menghargai bisnis dengan harga.

References

[1] Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara,
[2] Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
[3] Echolis, John M. dan Hasan Shadily. 2004. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia
[4] Fatah, Nanang. 2013. Sistem Penjamin Mutu Pendidikan. Bandung: PT.RemajaRosdakarya
[5] Joremo, Arcaro,S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Jakarta: Riene Cipta
[6] Kristiaty, Theresi. 2005. “Penerapan Mutu Terpadu Cara Deming”, Jurnal Pendidikan Penabur No 4 Juli 2005
[7] Maswan. 2015. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Tarbawi Vol 12 No.2 Juli-Desember 2015
[8] Nasution. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia
[9] Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
[10] Putra, Rahmad Syah dkk. 2017. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 3 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 5, No. 3, Agustus 2017
[11] Qomar, Muzamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga
[12] Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Wali Pers
[13] Sallis, Edward. 2015. Total Quality Management in Education; Model, Teknik dan Implementasinya (Edisi Baru). Yogyakata: IRCiSoD
[14] Sani, dkk, 2015. Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
[15] Umar, Mardan dan Feiby Ismail, Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Pendidikan Islam Iqro’
[16] Wiyani, Ovan Ardy. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management:Konsep dan Aplikasi di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
[17] Yunus, Mahmud. 2003. Kamus Arab Indonesia. Bandung: Al-Ma’arif
Published
2022-12-27
How to Cite
Iflaha, N., & Sudarsono, S. (2022). Penerapan Konsep Deming Sebagai Upaya Pengembangan Mutu Pendidikan Di MA Darussalam Jember. Widya Balina, 7(2), 500 - 509. https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.158