Evaluasi Pembelajaran dalam Jaringan MA Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Haris Nursyah Arifin STAI Denpasar Bali
Keywords: Evaluasi Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran daring (dalam jaringan) di MA Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah dan Dewan Guru MA Al-Amin Tabanan. Pembelajaran daring MA Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021 telah berjalan kurang lebih satu tahun dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Hasil evaluasi dari pembelajaran daring Tahun Pelajaran 2020/2021 yakni Pembelajaran daring MA Al-Amin Tabanan secara umum berjalan dengan cukup baik. Hal ini dikarenakan masih terdapat kendala saat proses pembelajaran daring berlangsung. Kendala yang ditemui yakni permasalahan sinyal, keterbatasan kuota yang diberikan orang tua, sulitnya mengontrol siswa saat belajar, keterlambatan dalam mengumpulkan tugas sehingga berpengaruh kepada hasil pembelajaran yang menurun dibandingkan saat pembelajaran berjalan secara luring atau tatap muka.

References

[1] Ade, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
[2] Agung. 2021. Sekolah Tatap Muka Lebih Menguntungkan. https://www.ugm.ac.id. Diakses tanggal 23 Juni 2021.
[3] Ambarsari, Rika Yuni. 2021. Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Chovid-19 Di Kecamatan Bulukerto Wonogiri. Jurnal Mitra Swara Ganesha. Vol. 8 No. 1 (2021).
[4] Bahri, D. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
[5] Benny A., Pribadi. 2010. Model desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[6] Mufida, Elfadiany. 2015. Belajar, Tujuan Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar. https://www.kompasiana.com. Diakses tanggal 12 Juni 2020.
[7] Permadi, Indra. 2019. Peran Sekolah dalam Membentuk Potensi Peserta didik. https://www.kompasiana.com. Diakses tanggal 13 Juni 2020.
[8] Ilmawan, Ikhsan: 2015. Guru Menciptakan Suasana Yang Menyenangkan Disekolah Dalam Proses Belajar Mengajar. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
[9] Kemendikbud. 2020. Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Chovid-19. https://www.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 13 Juni 2020.
[10] Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. 2020. Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Chovid-19 tanggal 7 Agustus 2020. https://www.kemdikbud.go.id/. Diakses tanggal 11 Desember 2020.
[11] Koentjaraningrat. 1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[12] Rahardjo, Mudjia. 2011. Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. https://www.uin-malang.ac.id/. Diakses tanggal 11 Desember 2020.
[13] Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
[14] Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Published
2021-06-30