Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.47Keywords:
Respon Siswa, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan masa pandemi chovid-19. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menyebarkan angket kepada siswa kelas X dan XI MA Al-Amin Tabanan. Pembelajaran daring MA Al-Amin Tabanan menggunakan aplikasi Whats App Group dan e-learning Edmodo. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran daring kurang menyenagkan dengan keterbatasan kuota, error aplikasi dan kurangnya bimbingan oleh guru, tidak dapat bertemu teman, tidak dapat berdiskusi secara langsung, susah dalam menerima materi dan banyaknya tugas yang diberikan. Manfaat yang dirasakan siswa dengan pembelajaran daring yakni wawasan siswa tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran bertambah, siswa bebas untuk menentukan sistem belajar sehingga lebih fleksibel, lebih efisien dan lebih dekat dengan keluarga.
References
[2] Permadi, Indra. 2019. Peran Sekolah dalam Membentuk Potensi Siswa. https://www.kompasiana.com. Diakses tanggal 13 Juni 2020.
[3] Ilmawan, Ikhsan: 2015. Guru Menciptakan Suasana Yang Menyenangkan Disekolah Dalam Proses Belajar Mengajar. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
[4] Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Surat Edaran Kemdikbud No 4 Taahun 2020 Mengenai Pelaksanaan pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (covid-19). Jakarta: Kemendikbud.
[5] Kemendikbud. 2020. Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Chovid-19. https://www.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 13 Juni 2020.
[6] Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2010
[7] Sutopo, HB. 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press.
[8] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta