Komparasi Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring MA Al-Amin Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Haris Nursyah Arifin STAI Denpasar Bali
  • Syarof Nursyah Ismail STAI Denpasar Bali
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara pembelajaran daring dan luring MA Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Guru, Siswa, Orang tua dan Komite MA Al-Amin Tabanan. Hasil dari penelitian ini yakni pembelajaran luring lebih efektif dibandingkan pembelajaran daring dilihat dari keempat indikator efektivitas pembelajaran yaitu mutu pengajaran, tingkat pengajaran yang tepat, insentif dan penggunaan waktu belajar. Pembelajaran luring lebih efektif karena secara umum guru dapat mengontrol secara langsung proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan pembelajaran daring kurang kontrol dari guru serta orang tua sehingga siswa kurang dalam menerapkan kedisplinan diri.

References

[1] Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2011, h. 72
[2] Abu Ahmadi dan Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014, h. 1
[3] Bilfaqih, Yusuf, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta: Deepublish, 2015, h. 1
[4] Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi, Bandung : PT. Refika Adiatama, 2013, h. 3
[5] Rohmawati, Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (9) 1, 2015, h. 15-32
[6] Pangondian, R., Santosa dan Nugroho, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains. I (1), 2019, h. 56-60
[7] Triwibowo, Deskripsi Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga dan SMP Negeri 2 Rembang, Jurnal Pendidikan Matematika. 8(6), 2015, h. 7-10
[8] Kemdikbud, Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran chovid-19.
[9] Kemdikbud, Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri 7 Agustus 2020 tentang Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi chovid-19.
[10] Arifin, Haris Nursyah, Evaluasi pembelajaran dalam jaringan MA Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Ekonomi Widya Balina, Vol. 6 No. 1, 2021, h. 15-27.
[11] Mendikbud, Menag, Menkes dan Mendagri RI, Surat Keputusan Mendikbud, Menag, Menkes dan Mendagri Nomor 03/KB/2021; Nomor 384 Tahun 2021; Nomor HK.01.08/Menkes/4242/2021; Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).
[12] Hasanah, Pembelajaran Bauran (Terampil Memadukan Pembelajara Offline-Online, Face to Face and Mobile Learning), Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014, h. 84
[13] Sofan, Amri dan Lif Khoiru, Ahmadi, Konstruksi Pengembangan Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010, h. 39
[14] Dewi, W.A.F, Dampak Covid-19 Terhadap Impelementasi Pembelajaran Di Sekolah Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 Tahun 2020, h. 55-61
[15] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2016, h. 2
[16] Rukaesih A. Maolani dan Ucu Cahaya, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016, h. 72
[17] Supardi. Sekolah Efektif, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2013, h. 2
[18] Sari, Silvia Indah, Dindi Fatika Sari, Iis Suwartini, Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 3 Pleret, Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran 10 (2), 2021, h. 154-151
[19] Arifin, Haris Nursyah, Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Ekonomi Widya Balina, Vol. 5 No. 1, 2020, h. 1-12
Published
2022-12-16
How to Cite
Arifin, H., & Ismail, S. (2022). Komparasi Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring MA Al-Amin Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Balina, 7(2), 446 - 461. https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.151

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>