Penggunaan Video Pembelajaran dan Diskusi Melalui Telegram Grup dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID 19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Haris Nursyah Arifin STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.59

Keywords:

Video Pembelajaran, Diskusi, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan video pembelajaran dan diskusi melalui telegram grup dalam pembelajaran daring masa pandemi chovid-19 di MA Al-Amin Tabanan tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Informan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII MA Al-Amin Tabanan. Pembelajaran daring MA Al-Amin Tabanan menggunakan aplikasi Telegram Group untuk memberikan video pembelajaran dan sesi diskusi, sedangkan Google Form untuk penugasan. Hasil Penggunaan video pembelajaran dan diskusi melalui telegram grup dalam pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di MA Al-Amin Tabanan tahun pelajaran 2020/2021 secara garis besar telah berjalan baik dan efektif. Hal ini dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti bahwa penggunaan video pembelajaran dan diskusi dapat memecahkan masalah yang dialami pada semester sebelumnya. Dengan penggunaan video pembelajaran siswa sudah lebih mudah memahami materi, keikutsertaan dalam pembelajaran meningkat dan tugas yang diberikan oleh guru dikerjakan dengan baik.

References

[1] Bahri, D. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
[2] Benny A., Pribadi. 2010. Model desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
[3] Mufida, Elfadiany. 2015. Belajar, Tujuan Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar. https://www.kompasiana.com. Diakses tanggal 12 Juni 2020.
[4] Permadi, Indra. 2019. Peran Sekolah dalam Membentuk Potensi Peserta didik. https://www.kompasiana.com. Diakses tanggal 13 Juni 2020.
[5] Ilmawan, Ikhsan: 2015. Guru Menciptakan Suasana Yang Menyenangkan Disekolah Dalam Proses Belajar Mengajar. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
[6] Kemendikbud. 2020. Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Chovid-19. https://www.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 13 Juni 2020.
[7] Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. 2020. Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Chovid-19 tanggal 7 Agustus 2020. https://www.kemdikbud.go.id/. Diakses tanggal 11 Desember 2020.
[8] Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2010
[9] Rahardjo, Mudjia. 2011. Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. https://www.uin-malang.ac.id/. Diakses tanggal 11 Desember 2020.
[10] Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
[11] Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2020-12-28

How to Cite

Arifin, H. N. (2020). Penggunaan Video Pembelajaran dan Diskusi Melalui Telegram Grup dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID 19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Widya Balina, 5(2), 148–160. https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.59

Most read articles by the same author(s)