Penerapan Media Pembelajaran PPT (Power Point) Melalui Google Meet Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar PAI Siswa Kelas V SDN 3 Jimbaran
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.167Keywords:
Hasil, Minat Belajar, Power PointAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 3 Jimbaran tahun pelajaran 2021/2022 yang dilaksanakan dengan system hybrid (50% online, 50% offline). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dengan menerapkan media Power Point melalui Google Meet. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dan minat belajar siswa pada tiap siklusnya. Hasil belajar mengalami peningkatan dari 62,5% siswa yang tuntas pada siklus I meningkat 100% pada siklus II. Minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 75% siswa dengan minat belajar tinggi pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Azhar, Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media
Dimiarso,Yusufha. 20019. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Elpira, Nira dan Anik Gufron. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2 (1), p. 94-104
H. Abu Ahmadi Dan Nur Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Askara
Kasiram, Mohammad. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang
Khaerunnisa, Febriana dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Sisiwa Kelas X SMA Negeri 1 Bumi Ayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Educatio. 6 (1), p.31-41
Khodijah , Nyanyu. 2013 Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (Pasal 1 Ayat 1)Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Bidang Dikbud KBRI Tokyo)
Sadiman, Arief et al. 2012. Media Pendidikan “Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sholihin, Karim Hidayat. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint pada Mata Diklat Teknik Bubut Di SMK Negeri II Pengasih. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Cet. 6. Jakarta: Rineka Cipta
Sulistyorini, Muhammad Fathurrohman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif . Yogyakarta: Graha Ilmu
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers