Persepsi Guru Madrasah Aliyah Tentang Implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer
Abstract
Penelitian ini pembahasan tentang persepsi guru madrasah Aliyah tentang impelemtasi asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di Madrasah Aliyah An-Nuur Trisono. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pandangan guru Ma terkait dengan pengetahuan program ANBK, hambatan yang terjadi saat pelaksanaan ANBK dan pemanfaatan hasil ANBK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Data didapatkan melalui wawancaran dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data yakni mendeskripsikan semua hasil dari wawancara dan disajikan dalam bentuk narasi serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengetahui tentang ANBK meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan yakni komputer, jaringan, server dan kesiapan siswa yang kurang. Selain itu, hasil dari program ANBK sudah dimanfaat oleh para guru dan berdampak positif bagi siswa yakni minat siswa kunjungan ke perpustakaan serta pemahaman siswa akan pengetahuan literasi dan numerasi menjadi meningkat. Diharapkan adanya perbaikan untuk mengurangi hambatan saat pelaksanaan ANBK terutama peningkatan sarana dan prasarana yakni pengadaan jumlah komputer dan adanya program sosialisasi ANBK kepada para peserta didik sehingga pelaksanaan program ANKB dapat berjalan dengan lancar guna meningkatkan mutu pendidikan.
References
[2] Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher).
[3] Budiarti, I. S. (2021). Super Sukes AKM Kelas: Asesmen Kompetensi Minimum Kelas SD/ MI Kelas VI. Jakarta: Bumi Aksara.
[4] Hanif, M., Putri, A. S., Priyandia, N., Putri, G. S., Manogu, A., & Rohmah, M. W. (2022). Kontribusi Guru dalam Pelaksanaan ANBK untuk Meningkatkan dan Mengimplementasikan Program AKM Literasi dan Numerasi Siswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 599–607.
[5] Indahri, Y., Penelitian, P., Keahlian, B., Ri, D., Jenderal, J., & Subroto, G. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional National Assessment as a Choice of Evaluation to National Education System. Jurnal Masalah-Masalah Sosial |, 12(2), 2614–5863. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364
[6] Ivana, Y. H. A., Purbasari, M. K., & Novi Estu Nurlatifah, Stefanus Erictito, Y. B. C. (2021). Kesiapan Pendidik Dalam Pelaksanaan ANBK Di SD Kanisisus Gamping. Seminar Pendidikan: Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Sanata Dharma Unversity Press. https://doi.org/978-623-6103-86-9
[7] Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32. Retrieved from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm_202101_1.pdf
[8] Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 229–234. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.372
[9] Mustaqim, W., Dacholfany, M. I., & Aminin, S. (2022). Persepsi Guru Tentang Penggunaan E-Book Dalam Pembelajaran Tkj (Teknik Komputer Dan Jaringan). POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.24127/poace.v2i1.1227
[10] Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568
[11] Nur’ainah, N., Muazza, M., & Rahman, K. A. (2022). Persepsi Guru tentang Implementasi Asesmen Nasional sebagai Alat Evaluasi Sistem Pendidikan di MIN Batanghari. Manazhim, 4(2), 411–426. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1860
[12] Priyanti, Y. R. (2022). Kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer pada Sekolah Luar Biasa. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 61–69. Retrieved from http://www.ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/1140%0Ahttp://www.ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/1140/931
[13] Putri, D. S. D., Nurniswah, & Eliya, I. (2022). Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (Anbk) Di Sd Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 269–276.
[14] Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., … Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61
[15] Satriani, N. L. (2021). Kupas Tuntas Soal AKM Numerasi Siap Hadapi Asesmen Nasional 2022. Jawa Tengah: Penerbit Nasya Expanding Management.
[16] Suherdi, D., Rezky, S. F., Apdilah, D., Sinuraya, J., Sahputra, A., Syahputra, D., & Wahyuni, D. (2021). Peran Literasi Digital Di Mas Pandemik. Sumatera Utara: Cattleya Darmaya Fortuna.
[17] Sulastri, S., & Sodiyah. (2022). Pemanfaatan Hasil Asesmen Nasional Dalam Program Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Di Dki Jakarta. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 97–110. https://doi.org/https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.93
[18] Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Jawa Barat: Guepedia.
[19] Widyasusanti, M. (2021). Mengenalkan Karakter SND Kepada Anak Melalui Perayaan HUT Kongregasi. Notredame: Wartakan Kabar Indah.
[20] Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Kencana.