Efektivitas Program Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) BAZNAS Provinsi Bali dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di STAI Denpasar Bali
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:1. Prestasi akademik mahasiswa sebelum dan setelah pemberian beasiswa SKSS Baznas Provinsi Bali, 2. Efektivitas program beasiswa SKSS Baznas Provinsi Bali dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa, 3. Usaha mahasiswa dalam meningkatkan prestasi akademik dan hambatan yang dihadapi. Metode penelitian ini deskriptif-kualitatif. Informan 8 orang yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Efektivitas program beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa dapat dikatakan efektif. Karena sudah sesuai dengan tahapan yang meliputi pemahaman program, tepat waktu, tepat sasaran, tercapainya tujuan dan perubahan nyata untuk mengukur ke efektivitasan suatu program. Selama pemberian beasiswa nilai akademis mahasiswa menunjukkan kenaikan dan juga penurunan nilai yang masih memenuhi batas minimum. Usaha yang dilakukan dalam meningkatkan nilai yaitu mau belajar, mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, manajemen waktu yang baik, berdoa. Sedangkan hambatannya dikarenakan rasa malas, permasalahan dalam keuangan, atau bahkan bekerja sehingga fokus menjadi terbagi.
References
[2] Chaplin, J. P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[3] Djamarah, S. B.2002.Psikologi Belajar.Bandung: PT. Rineka Cipta.
[4] Djamil, Abdul Haid M. 2015. Agar Menuntut Ilmu Jadi Mudah. Jakarta: PT Gramedia.
[5] Edi, Sutrisno.2007.Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Kencana
[6] Fakhriah, Dini. 2016. Efektivitas Penyaluran Dana Zakat Di BAZNAS Kota Bekasi Dalam Peningkatan Pendidikan Melalui Program Bekasi Cerdas. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
[7] Fakhriah, Dini. 2016. Efektivitas Penyaluran Dana Zakat Di BAZNAS Kota Bekasi Dalam Peningkatan Pendidikan Melalui Program Bekasi Cerdas. Jakarta: UIN
[8] Syarif Hidayatullah. Gunova, Rahmad Hidayat. 2019. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Mahasisa Aktivis BEM Fakultas Di UIN SUSKA Riau. Riau: UIN SUSKA Riau.
[9] Moleong, Lexi J. 2011 Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
[10] Mott., Paul E., The Characterisities of Effective Organization, New York: Halper and Row. 1972.
[11] Nata, Abuddin.2005. Pendidikan dalam Perspektif Islam.Jakarta: UIN Jakarta Press.
[12] Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001 cet. 1. Edisi III
[13] Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
[14] Qadratillah, Meity Taqdir, et al., Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011
[15] Qardaawi, Yusuf Al. 1995. Kiat Islam Mengentaskan Kemiskinan. Cet 1.Ter. Syarif Halim.Jakarta: Bina Insani Press. Sitepu, Chika Fransiska. 2014. Pengaruh Self-[16] Regulated Learning Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Yang Aktif Berorganisasi Di Universitas Sumatera Utara. Sumatera: Universitas Sumatera Utara. [17] Solichin, Mochamad Imam. 2017. Analisis Efektivitas Pada Dana Zakat Dalam Meningkatkan Pendidikan Pada Program Beasiswa Yatim Prestasi Di Yatim Mandiri Cabang Surabaya.Surabaya: UIN Sunan Ampel.
[18] Steers, Richard M. 1985. Efektivitas Organisasi. Cet.Ke-2. Jakarta: Erlangga
[19] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV Alfabeta.
[20] Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
[21] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.