Pengaruh Proses Pemberian Pembiayaan dan Preferensi Terhadap Kepercayaan Nasabah Pembiayaan Multijasa pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Fajar Sejahtera Bali
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.108Keywords:
Proses Pemberian Pembiayaan, Preferensi, Kepercayaan NasabahAbstract
Perilaku seseorang dalam memutuskan untuk memilih produk dalam pembiayaan multijasa di setiap lembaga
keuangan pasti dipengaruhi oleh rasionalitas ekonomi yakni bagi hasil, fasilitas, pelayanan, kemudahan,
kenyamanan dan keamanan transaksi. Karena sebagai indentitas dan juga sebagai langkah untuk menarik nasabah
yang pada pencapaiannya yaiu kepercayaan nasabah. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah proses
pemberian pembiayaan dapat berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah pembiayaan multijasa pada PT. Bank
Pembiayaan Rakyat Syariah Fajar Sejahtera Bali? (2) Apakah preferensi dapat berpengaruh terhadap kepercayaan
nasabah pembiayaan multijasa? (3) Apakah proses pemberian pembiayaan dan preferensi dapat berpengaruh
terhadap kepercayaan nasabah pembiayaan multijasa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh
proses pemberian pembiayaan terhadap kepercayaan nasabah pembiayaan multijasa (2) pengaruh preferensi
terhadap kepercayaan nasabah pembiayaan multijasa (3) pengaruh proses pemberian pembiayaan dan preferensi
terhadap kepercayaan nasabah pembiayaan multijasa. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Populasi penelitian yaitu, nasabah
pembiayaan multijasa PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Fajar Sejahtera Bali dengan teknik
pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan dan uji determinan dengan menggunakan SPSS (Statistical Package
For Social Seince) versi 24. Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linier berganda dengan persamaan Y = 5,719
+ 0.134X1 + 0,634X2 + e hasil koefisien korelasi secara terpisah diperoleh X1 5C sebesar 0,134 dengan nilai
signifikan 0,037 < 0,05 sedangkan variabel X2 preferensi sebesar 0,634 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan
secara simultan 30,761 dengan signifikan 0,00 besarnya nilai koefisien determinasi tersebut menunjukan adanya
pengaruh antara 5C dan preferensi terhadap kepercayaan nasabah pembiayaan multijasa di PT. Bank Pembiayaan
Rakyat Syariah (BPRS) Fajar Sejahtera Bali baik secara parsial atau terpisah maupun secara simultan.
References
[2] Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,2013), h. 98
[3] Handy, For Rich Marketing PT. BPRS Fajar Sejahtera Bali, Wawancara Pribadi, Denpasar 24 September 2020
[4] Mirchandani, Alqur’anku Dengan Waqaf Ibtida Tajwid Blok Warna, (Jakarta: Lautan Lestari), h. 106
[5] Mulyadi, Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke 5. (Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2010), h. 5
[6] Narko. Sistem Akuntansi. Edisi 5. (Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara, 2007), h. 3 Sahid Raharjo ’’Cara Melakukan Uji Reabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS’’ (http://www.spssstatistik.com/2014/01/ujireliabilitas- alpha-spss.html diakses 24 Juni 2020)
[7] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung : Alfabeta, CV, 2017), h. 62