Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Denpasar
Abstract
Masalah yang pertama apakah ada pengaruh motivasi intrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan, yang kedua apakah ada pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan, dan yang ketiga apakah ada pengaruh motivasi instrisik dan motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Denpasar. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui pengaruh motivasi instrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan, untuk mengetahui pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Denpasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode sensus. Hasil penelitian yang didapatkan adalah yang pertama motivasi instrinsik berpengaruh cukup positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, yang kedua motivasi ekstrinsik berpengaruh positif sangat rendah dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dan yang ketiga motivasi instrinsik dan ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Denpasar. Berdasarkan hasil dari penelitian ini motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan khususnya di Bank Muamalat indonesia Cabang Denpasar.
References
[2] Karmita, Sagung Binda. 2015. “Pengaruh Motivasi Kerja dan penempatan karyawan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan”. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 4, No. 12.
[3] Manullang M. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.
[4] Maulana, Fakhrian Harza. 2015.”Pengaruh Motivasi Instrinsik Dan Motivasi Ektrinsik Dan Komitmen Organisani Terhadap kinerja Karyawan”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 22, No. 1, Mei.
[5] Noermijati. 2013. Aktualisasi Teori Herzberg, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Spiritual Manajer Operasional. Malang: Universitas Brawijaya Press.
[6] Noor, Juliansyah. 2013. Penelitian Ilmu Manajemen. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
[7] Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[8] Siregar, Syofian. 2013. Statistic Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
[10] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
[11] Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PRENADA MEDIA Group.