Strategi Pengumpulan Dana ZIS Melalui Sistem Berbayar Nontunai QRIS dalam Meningkatkan Minat Donatur di BAZNAS Provinsi Bali
Abstract
ABSTRAK
Sebagai langkah untuk mengoptimalisasi pengumpulan dana ZIS, dibutuhkan sebuah strategi untuk mempermudah donatur dalam menyalurkan dana zakat, infaq, dan sodaqoh. Sebagai sistem pembayaran nontunai yang praktis, Qris dijadikan media pengumpulan dana ZIS oleh BAZNAS Provinsi Bali dalam upaya meningkatkan minat para donatur. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah strategi pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris dalam meningkatkan minat donatur di BAZNAS Provinsi Bali? (2) Bagaimanakah sistem berbayar nontunai Qris mendukung strategi pengumpulan dana ZIS di BAZNAS Provinsi Bali? (3) Bagaimanakah cara menyelesaikan faktor penghambat dari pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris di BAZNAS Provinsi Bali? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris dalam meningkatkan minat donatur di BAZNAS Provinsi Bali, (2) Untuk mengetahui Qris menjadi pendukung strategi pengumpulan dana ZIS di BAZNAS Provinsi Bali, (3) Untuk mengetahui penyelesaian dari faktor penghambat strategi pengumpulan dana ZIS melalui Qris. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan akan dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data yang diperoleh berdasarkan fakta dan data dilapangan. Sumber data ialah sumber data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Untuk menguju validitas keabsahan data: (1) Kekuatan pengamatan, (2) Triangulasi dan, (3) Referensi. Untuk teknik analisa data meliputi: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan, (3) Simpulan atau verifikasi.. Hasil akhir dari penelitian ini adalah BAZNAS Provinsi Bali dalam menyebarkan Qr Code Qris melalui media offline milik mereka yaitu: Majalah dan brosur. Adapun yang melalui media online mereka lakukan pada: (1) Broadcast Whatsapp; (2) Instagram; (3) dan juga Facebook. Upaya BAZNAS Provinsi Bali dalam meningkatkan minat donatur yaitu dengan cara: (1) Membuat donatur nyaman dengan mendoakan mereka setelah berdonasi; (2) Membangun kepercayaan mereka melalui label BAZNAS sebagai lembaga pemerintah dan melakukan publikasi terhadap pelaporan keuangan mereka. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini nantinya bisa menambah pustaka dan sarana pengembangan ilmu pengetahuan.
ABSTRACT
As a step to optimize ZIS fundraising, a strategy is needed to make it easier for muzakki to distribute zakat, infaq, and sodaqoh funds. As a practical non-cash payment sistem, Qris has been used as a medium for collecting ZIS funds by BAZNAS Bali Province in an effort to increase the interest of donors. The fokus of this research is (1) How is the ZIS fundraising strategy through the Qris non-cash paid sistem in increasing the interest of donors in BAZNAS Bali Province? (2) How does the Qris cashless paid sistem support the ZIS fundraising strategy in BAZNAS Bali Province? (3) How how to solve the inhibiting factors of collecting ZIS funds through the Qris non-cash paid sistem at BAZNAS Bali Province? The objectives of this study are (1)To find out the strategy of collecting ZIS funds through the Qris non-cash paid sistem in increasing the interest of donors in BAZNAS Bali Province, (2) To find out Qris is a supporter of the ZIS fundraising strategy at BAZNAS Bali Province, (3) To determine the resolution of the inhibiting factors of the collection strategy ZIS funds via Qris. This research method uses a descriptive method with a qualitative approach. Informants will be selected using a purposive technique. Collecting data obtained based on facts and data in the field. Data sources are primary and secondary data sources through data collection techniques: (1) Observation, (2) Interview, and (3) Documentation. To validate the validity of the data: (1) The power of observation, (2) Triangulation and, (3) Reference. Data analysis techniques include: (1) data reduction, (2) data presentation and (3) conclusion or verification. The final results obtained in this study explain that BAZNAS Bali Province distributes Qr Code Qris through their offline media, namely: magazines and brochures. As for what they do through online media on: (1) Broadcast Whatsapp; (2) Instagram; (3) and also Facebook. The efforts of BAZNAS in Bali Province in increasing the interest of donors are by: (1) Making donors comfortable by praying for them after donating; (2) Build their trust through the BAZNAS label as a government agency and publish their financial reporting. The author hopes that this research will add libraries and tools for developing science.
References
[2] Kebudayaan, dan Departemen Pendidikan. 1989. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
[3] RI, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
[4] Azhari, Fahmi Ardhi. 2016. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung
[5] Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
[6] Dirgantoro. 2001. Manajemen Strategi, Konsep, Kasus, dan Implementasi. Jakarta: Grasindo
[7] Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya: Dasar, Pengertian. Jakarta: Bumi Aksara
[8] Huda, Nurul. 2000. Zakat Perspektif Mikro Makro. Bandung: Rahma Persada
[9] Ibror, Fahmi. 2001. Zakat Infaq Shodaqoh Produktif. Jakarta: Insan Pers
[10] Ishak, Dahlan. 2000. Manajemen Zakat Infaq Shodaqoh. Bandung: Insan Madani
[11] Juwaini, Ahmad. 2008. Panduan Direct Mail untuk Fundraising. Jakarta: Piramedia
[`12] Komariah, Aan dan Satori, Djam’an. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
[13] Mapiare, Andi. 1997. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional
[14] Moeliono, Anton M. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
[15] Muhaimin. 1994. Skripsi. Semarang: IKIP
[16] Purwanto, April. 2009. Manajemen Fundraising Bagi Organisasi Pengelola Zakat. Jakarta: Teras
[17] Poerwadarminta, WJS. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
[18] Qadir, Abdurrahman. 2005. ZIS dalam Dimensi Mahdhah dan Sosial. Jakarta: Raja Grapindo Persada
[19] Qardhawi, Yusuf. 2006. Spektrum Zakat dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan. Jakarta: Zikrul Hakim
[20] Shaleh, Abdul Rahman, dan Wahab, Muhbid Abdul. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media
[21] Soemitra, Andri. 2017. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Depok: Kencana
[22] Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta
[23] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV Alfabeta
[24] Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
[25] Zahro, Fatimatuz. 2019. Tesis. Surabaya: UINSA Surabaya
[26] A. Arrasyid, Kadiv. Operasional Harian BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Terbuka, Denpasar 11 Agustus 2020
[27] A. Ramdan Kurniawan, Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar 22 Agustus 2020
[28] Bimo Dwi R. S., Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar 22 Agustus 2020
[29] Devi Elviana, Staff Operasional Harian BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Pribadi, Denpasar 27 Juni 2020
[30] Fika Pratiwi, Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar, 23 Agustus 2020
[31] Hani Fadila, Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar 19 Agustus 2020
[32] Mahrusun, Ketua BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Terbuka, Denpasar 19 Agustus 2020
[33] Safira Febianti, Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar 20 Agustus 2020
[34] Bank Indonesia. 2019. Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick response code untuk Pembayaran. (Online), (https://bi.go.id/id/peraturan/sistem-pembayaran/Pages/padg_211819.aspx), diakses 21 Agustus 2019
[35] Bank Indonesia. 2020. QRIS, (Online), (https://bi.go.id/id/sistem-pembayaran/QRIS/Contents/Default.aspx), diakses 30 april 2020
[36] Mughnifar Ilham. 2020. Pengertian Strategi Menurut Para Ahli Secara Umum. (Online), (https://materibelajar.co.id/pengertian-strategi/), diakses 6 juni 2020