Minat Investasi Nasabah Pada Fitur Tabungan E-Mas Digital Bsi Mobile Di Bank Syariah Indonesia

Authors

  • Kurniawati Kurniawati Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terhadap ketertarikan peneliti mengenai minat nasabah untuk berinvestasi emas secara digital yang disediakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam fitur tabungan e-mas.  Dalam artian nasabah tidak memegang fisik emas melainkan saldo fisik emas milik nasabah berupa gram emas yang disimpan melalui BSI Mobile. Fokus dari penelitian adalah 1) Apakah Faktor-faktor Minat Nasabah dalam Berinvestasi di Fitur Tabungan E-mas? 2) Bagaimana Minat Investasi Nasabah pada Penggunaan emas digital BSI Mobile?  Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang meningkatkan minat nasabah dalam berinvestasi di fitur tabungan e-mas. 2) Untuk mengetahui minat investasi nasabah pada penggunaan emas digital bsi mobile?  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian ini adalah staff Bank Syariah Indonesia beserta nasabah pengguna e-mas. Serta pengumpulan data nya menggunakan; wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini triangulasi. Hasil dari penelitian ini bahwa faktor-faktor minat nasabah berinvestasi pada fitur tabungan e-mas meliputi faktor keyakinan yang mana nasabah melakukan pengamatan terhadap perkembangan harga emas, ketertarikan ketika nasabah berinvestasi pada fitur tabungan e-mas karena dorongan dari dalam diri sendiri, keinginan yg meliputi selera serta kepuasan nasabah ketika apa yang diinginkan terpenuhi, keyakinan terhadap fitur tabugan e-mas sehingga munculnya keputusan nasabah terhadap berinvestasi pada fitur tabungan e-mas.  Dan berinvestasi emas menggunakan fitur tabungan e-mas itu mudah dalam pengoperasiannya, dan fiturnya cukup lengkap serta fiturnya sudah sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga nasabah berminat untuk menggunakan fitur tabungan e-mas dan dijadikan wadah untuk berinvestasi.

References

Hartono Jogianto. 2022. Portofolio dan Analisis Investasi Pendekatan Modul. Yogyakarta; Penerbit Andi.
Muhammad. 2014. Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.
Rahmat, Pupu Saeful. 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Suryomurti, Wiku. 2011. Super Cerdas Investasi Syariah Hidup Kaya Raya, Mati Masuk Surga. Jakarta: QultumMedia.
Kurniawan, Gogi. 2020. Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecmmerce. Tangerang: Mitra Abisatya.
Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Savitri, Astrid. 2020. investment For Millenials Menjadi Millenial; Kaya Raya dengan Berinvestasi. Yogyakarta: Genesis.
Keller, Kotler. 2021. Intisari Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Suryani, Tatik. 2017. Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global. Jakarta: Prenadamedia Group.
PT Bank Syariah Indonesia Digital Banking Group 2021
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna. 2021. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Poon, Wai-Ching. 2008. Users’ adoption of e-banking Services: the Malaysian perspective. journal of business. Vol. 23 No.1
Alquran dan Terjemahan. 2011. Jakarta: Kementrian Agama RI, Di cetak oleh PT. Adhi Aksara Abadi Indonesia.
https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/tipe/digitalbanking/parent/produke-masbsi-mobile. E-mas BSI Mobile. Diakses, 10 Januari 2023

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Kurniawati, K. (2023). Minat Investasi Nasabah Pada Fitur Tabungan E-Mas Digital Bsi Mobile Di Bank Syariah Indonesia. Widya Balina, 8(2), 981–991. Retrieved from https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/412

Most read articles by the same author(s)