Objektifitas Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah di STAI Denpasar)

Authors

  • Raden Agrosamdhyo STAI Denpasar Bali

Keywords:

Objektfitas, Wirausaha, Mahasiswa

Abstract

Rendahnya minat dan motivasi berwirausaha serta pola pikir sebagai pencari kerja (job seeker) dan bukanlah pencipta lapangan kerja (job creator) setelah menyelesaikan sekolah atau kuliah adalah masalah yang harus dipecahkan oleh semua pihak, baik pemerintah, lembaga pendidikan, dunia usaha, serta masyarakat. Salah satunya adalah merencanakan usaha yang sebenarnya juga sangat menjanjikan sebagai pilihan karir usaha bisnis individu di masa depan
setelah lulus kuliah nanti. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan minat dan persepsi dalam objektifitas mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah STAI Denpasar dalam berwirausaha agar pengembangannya dapat diterima di masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAI Denpasar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif, dengan metode purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Adapun hasil penelitian adalah Persepsi awal mahasiswa STAI Denpasar terhadap objektifitas dalam membuka usaha masih negatif. Negatif disini dimaksudkan bahwa masih banyak mahasiswa yang berpendapat bahwa sangat sulit untuk membuka usaha sendiri. Untuk menjadi pengusaha yang sukses, minat juga harus didukung dengan tindakan nyata, tindakan nyata yang mereka lakukan adalah yakin memulai usaha, belajar dari pengusaha yang telah sukses dan berani memulai usaha dengan keterbatasan yang ada.

References

[1] Al-Qur’an dan terjemahnya, 2010 lembaga percetakan Al-Qur’an MENDAGRI
[2] Antonio M syafe’i, 2001 bank silam: dari teori ke praktek (Jakarta, gema insani press,)
[3] Departemen Agama RI. 2013 Alqur’an Tajwid & Terjemahan. (Bandung: Diponegoro,)
[4] Farchan Arif, 1992 Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, (Surabaya: Usaha Nasional)
[5] Hurlock 1998 dikutip oleh, S.P Sukartini, analisis teoritik tentang minat siswa terhadap mata pelajaran PAI hubungannya dengan aktivitas keagamaan mereka di rumah (Jakarta: sukartini).
[6] Kementerian Agama RI, 2010 Syamil Qur’an Terjemah Tafsir per Kata, (Bandung: Akademik Lembaga Studi Ulumul Qur’an/LSUQ,)
[7] Komariah Aan, 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif , (Bandung; Alfabeta,)
[8] Kotler, Philip. 2000. Marketing Manajemen: analisys, planning, implementation, and control 9th edition, Prentice Hall International, Int, New Yersey
[9] Lexy J Meleong, 2000 Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya,)
[10] Marwiyah. 2015. Peranan Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Madrasah di MTs Baitul Amin Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Proposal Skripsi, Denpasar, Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar Bali.
[11] Muhammad, 2008 Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kualitatif (Jakarta: Raja Grafindo Persada,)
[12] Nasution, 1996 Metode Penelitian Natualistik Kualitatif (Bandung: Tarsito,)
[13] Nurfadilah, 2014. Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa di Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Bina Mndiri Denpasar. Skripsi (tidak diterbitkan), Denpasar: Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar
[14] Setiadi, J. Nugroho 2010. Prilaku konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group.
[15] Shohibudin Moh.. 2009 Metodologi Studi Agraria: Karya Terpilih Gunawan Wiradi (Bogor: Sajogyo Institute.)
[16] Sri Yuniarti, Vena. 2015. Prilaku konsumen teori dan praktik. Bandung: Pustaka Setia.
[17] Subagio Joko, 1999 Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik (Jakarta: PT. Rineka Cipta,)
[18] Sudarsono, Heri.2005.Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsidan Ilustrasi. Ekonesia. Yogyakarta
[19] Walgoto, Bimo, 2004, pengantar psikolog umum, (Yogyakarta, Andi)

Downloads

Published

2019-06-27

How to Cite

Agrosamdhyo, R. (2019). Objektifitas Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah di STAI Denpasar). Widya Balina, 4(1), 54–59. Retrieved from https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/28

Most read articles by the same author(s)