Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Edupay Bank Syariah Mandiri (BSM) di Yayasan Sekolah Albanna dan Yayasan Sekolah Anak Emas Denpasar Bali

  • Iswahyuni Iswahyuni STAI Denpasar Bali
Keywords: Kepuasan Pengguna, Sistem EduPay BSM

Abstract

Kepuasan merupakan faktor penting bagi suatu perusahaan baik yang bergerak di bidang dagang maupun jasa. Melalui perasaan konsumen berupa kesenangan maupun perbandingan antar produk, kepuasan konsumen dapat terukur. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dampak positif pembayaran biaya pendidikan di Yayasan Sekolah Albanna dan Yayasan Sekolah Anak Emas Denpasar Bali setelah menggunkan Sistem EduPay, (2) Untuk mengetahui cara Yayasan Sekolah Albanna dan Yayasan Sekolah Anak Emas Denpasar Bali menyelesaikan masalah pembayaran Sistem EduPay, (3) Untuk mengetahui kepuasan Yayasan Sekolah Albanna dan Yayasan Sekolah Anak Emas Denpasar Bali menggunakan Sistem EduPay. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 informan yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah (1) Sistem EduPay efektif dan efisien dalam proses transaksi pembayaran dan pelaporan, (2) Dalam penyelesaian masalah, alur terstruktur dari Wali murid menyampaikan ke Staff Keuangan sekolah kemudian pihak lembaga akan koordinasi dengan pegawai BSM Denpasar, (3) Pengguna cukup puas dalam penggunaan Sistem EduPay untuk proses pembayaran biaya pendidikan sekolah.

References

[1] Abu Al-Hallaj, Yusuf. 2010. Kreatif atau Mati. Surakarta: al-Jadid, cet 1
[2] Alfatih. 2009. Mushaf Al-Qur’an Terjemah. Jakarta: PT Insan Media Pustaka
[3] Arifin, Anwar. 2005. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka
[4] Arikunto, Suharsini dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
[5] Bafadal Ibrahim. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
[6] Barnawi dan M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
[7] Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
[8] Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
[9] Fadhila, Nur Indah. 2014. Peranan Sarana dan Prasarana Pendidikan Guna Menunjang Hasil Belajar Siswa di SD Islam Al Syukro. Skripsi. Jakarta: Universal Skripsi Program Strata 1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
[10] Hamalik, Oemar. 1991. Pendidikan Guru, Konsep dan Strategi Mengajar. Bandung: CV Mandar Maju
[11] Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara. Cetakan Kesembilan
[12] H.C., Witherington. 1986. Teknik-Teknik Belajar dan Mengajar. (Bandung: Jemmars
[13] Imron, Ali. 2013. Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
[14] Kasiram, Moh. 2010. Metode Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN-Maliki Press.
[15] Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Jakarta: Balai Pustaka
[16] Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Cet 9
[17] Munaris. 1999. Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta: Bumi Aksara
[18] Musbikin, Imam. 2013. Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat. Riau: Zanafa Publishing
[19] Novia, Windy. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko Press.
[20] Penyusun, Tim. 2016. MI Negeri Denpasar. Denpasar: MI Negeri Denpasar ke-8
[21] Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika
[22] Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
[23] Sudjana, Nana. 1989. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
[24] Sulistyorini. 2001. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, Nomor 28 (1) 2001
[25] Suryani. 2017. Manajemen Sarana Prasrana dan Prestasi Belajar Peserta Didik, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam VII (II) (2017), P-ISSN: 2086-6186, e-ISSN: 2580-2453. Lampung: Universitas Tulang Bawang
[26] Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). 2003. Jakarta: Sinar Grafika
[27] Undang-undang Guru dan Dosen. 2006. Jakrta: Sinar Grafika
Published
2023-12-26
How to Cite
Iswahyuni, I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Edupay Bank Syariah Mandiri (BSM) di Yayasan Sekolah Albanna dan Yayasan Sekolah Anak Emas Denpasar Bali. Widya Balina, 8(2), 960 - 968. https://doi.org/10.53958/wb.v8i2.402

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>