Pengaruh Iklan Zakat Melalui Media Online Terhadap Loyalitas Muzaki di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bali

  • Iswahyuni Iswahyuni STAI Denpasar Bali
Keywords: Iklan, Media Online, Loyalitas

Abstract

Pemasaran mempunyai peran penting bagi keberlanjutan perusahaan. Melalui pemasaran, hasil produksi dapat diperkenalkan, dan dibeli oleh konsumen. Apabila hasil produksinya baik, dapat menimbulkan kepuasan di hati konsumen maka mereka akan tertarik dan menjadi langganan di suatu produk yang kita kenalkan.Rumusan masalah penelitian ini adalah 1. Apakah ada pengaruh iklan zakat secara signifikan terhadap loyalitas muzaki di Baznas Provinsi Bali? 2. Apakah ada pengaruh signifikan antara media online terhadap loyalitas muzakki di Baznas Provinsi Bali?. 3. Apakah ada pengaruh iklan zakat melalui media online secara simultan terhadap loyalitas muzaki di Baznas Provinsi Bali?.Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara variabel iklan terhadap loyalitas muzaki di Baznas Provinsi Bali 2. Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variabel media online terhadap variabel loyalitas muzaki di Baznas Provinsi Bali 3. Untuk mengetahui pengaruh iklan zakat melalui media online.Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan melakukan survei. Populasi pada penelitian ini adalah muzakki di Baznas Provinsi Bali. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah uji regresi berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS for windows 7 versi 25. Dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS ditemukan hasil penelitian bahwa uji regresi berganda adalah 1,425 0.221 dan 0.223 serta hasil uji koefisien determinasi R2 sebesar 0,555 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 dengan secara simultan sebesar 24,934 > 3,23 dengan signifikan 0,00 besarnya nilai loyalita muzaki tersebut menunjukkan adanya pengaruh antara iklan zakat melalui media online terhadap loyalitas muzaki di Baznas Provinsi Bali baik secara parsial atau terpisah maupun secara simultan.

References

[1] Al- Musih Abdullah. 2004. Fiqih Ekonomi Syariah. Jakarta: Darul Faruk.
[2] Alma, Buchari. 2004 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfa Beta.
[3] Badan Amil Zakat Nasional. 2013. Panduan Zakat Praktis, Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional.
[4] Basu, Swastha, 2007. Pengantar Bisnis Modern, Edisi ketiga, Cet ke-11, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
[5] Dyah Hasto & Teguh Sri Pambudi. 2006. Advertising that sells. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[6] Firdaus, Muhammad. 2011. Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Edisi Kedua, Jakarta: Bumi Aksara.
[7] Ghazali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis mulivarite dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[8] Ishak, Dahlan. 2000. Manajemen Zakat infaq dan shadaqah, Bandung: Insan Madani.
[9] J. Supranto. 2004. M.A. Metode Ramalan Kuantitatif dan Perencanaan Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
[10] Kongrat, E. 2011. Model Strategi Promosi Stand Pameran pada Perusahaan. Jakarta: Jurnal Ekonomi.
[11] Kurniasih. 2013. Penggunaan Media Sosial bagi Humas di Lembaga Pemerintah. Tangerang: Forum Kehumasan.
[12] Kusmadi. 20011. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.
[13] Majid Khadduri. 1999. Teologi Keadilan Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.
[14] Morissan, 2012. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
[15] Mufraaini, Arief. 2012. Akuntansi Manajemen Zakat. Jakarta: Prenda Media Group.
[16] Muhid, Abdul. AnalisiS Statistik (5 langkah Analisis Statistik dengan SPSS For Windows Sidoarjo: Zitama.
[17] Nawawi, Ismail. 2010. Zakat dalam perpektif Fiqh, Sosial dan Ekonomi Surabaya: Putra Media Nusantara.
[18] Nazir. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
[19] Philip, Kotler. 2005. Alih Bahasa Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas Jilid 1, Jakarta: PT Indeks.
[20] Suryabrta, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[21] Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[22] Sutaryo. 2004. Dasar Dasar Sosialisasi, Jakarta: Rajawali Press.
[23] S. Nasution. 2004. Sosiologi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara.
[24] Yuliafitri, Indri. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Transparansi, Akuntabilitas Terhadap Loyalitas Muzakki di LAZ Rumah Zakat.
[25] Zuhaili, Wahbah. 2008. Al- Fiqh al Islami Wa Adillatuhu. Jakarta: Darul Fikir Gema Insani.
[26] Kementrian Agama R.I. 2003. Panduan Organisasi Pengelolaan Zakat. Jakarta: Bimbingan Masyarakat Islam Direktorat Pemberdayaan Zakat.
[27] Departemen Agama RI, 2005. Al- Jumatul Ali Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit J-ART
[28] Kementerian Agama RI. 2012. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.
Published
2021-12-31
How to Cite
Iswahyuni, I. (2021). Pengaruh Iklan Zakat Melalui Media Online Terhadap Loyalitas Muzaki di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bali. Widya Balina, 6(2), 273 - 283. https://doi.org/10.53958/wb.v6i2.105

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>