Upaya Guru Bahasa Arab Dalam Menumbuhkan Pemahaman Isi Kitab Kuning Bagi Pelajar Ahmadi Wittaya Foundation School Maelan Pattani, Thailand Selatan

Authors

  • Rusmayani Rusmayani STAI Denpasar Bali
  • Achmad Qosim STAI Denpasar Bali
  • Romadhon Azizi Kadir STAI Denpasar Bali

Keywords:

Upaya Guru Bahasa Arab, Pemahaman, Kitab Kuning

Abstract

Kitab kuning sebagai rujukan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Thailand Selatan umumnya menggunakan bahasa Arab dan Melayu yang di tulis dengan tulisan jawi. Hal ini bertolak belakang dengan bahasa yang digunakan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Mereka setiap harinya berbahasa melayu yang berbeda dengan buku-buku agama yang dipelajari Bahasa melayu mereka telah sedikit tercampur dengan bahasa Thailand. Pada pendidikan formal dari jenjang sekolah dasar semua pelajaran akademik menggunakan bahasa resmi kerajaan Thailand disatu sisi mereka harus mempelajari buku agama yang berbahasa berbeda. Bahasa inilah yang menjadi kendala mereka dalam mempelajari kitab kuning. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Upaya guru bahasa Arab dalam dalam menumbuhkan pemahaman isi kitab kuning bagi pelajar Ahmadi Wittaya Foundation School, 2) Faktor-faktor penyebab kurang fahamnya pelajar dalam mempelajari kitab kuning dan cara guru mengajar kitab kuning di Ahmadi Wittaya Foundation School. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penilitian yang digunakan yaitu jenis penelitian naturalistik. teknik pengumpulan data mengunakan tekknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dalam teknik analisis data menggunakan Reduksi, Penyajian, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa 1) upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab cukup maksimal, adapun metode yang digunakan, Tazwidul Mufrodat, Muthola’ah, Muhaddatsah dan Imla’ telah sesuai dengan kebutuhan dalam membelajarkan pelajar Ahmadi Wittaya Foundation School dalam membantu menumbuhkan pemahaman isi kitab kuning, 2). Penyebab kurang fahamnya Pelajar dalam mempelajari kitab kuning antara lain karena banyaknya bahasa yang dipelajari, kurangnya minat belajar padapelajar, kurangnya fasilitas media pembelajaran di sekolah, dan metode pembelajaran kitab kuning yang terlalu monoton. Cara guru  mengajar kitab kuning dengan menggunakan metode ceramah dan presentasi disetiap dan diakhir pembelajaran bab.

References

[1] Al-Qur’an dan Terjemahannya. Departemen Agama RI. Bandung: Sinar Baru Algensindo
[2] Chapakia, Ahmad Omar. 2000. Politik Thai dan Masyarakat Islam di Selatan Thailand.Kuala Lumpur: Pustaka Darussalam.
[3] Moleong, Lexy.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[4] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
[5] Sugiarto, Drajat. 2013. Sistem Pendidikan Di Thailand, (online), Jilid 1, No.1, (https://www.kaskus.co.id, diakses 19 April 2018)
[6] Wekke Ismail Suardi. 2014. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Rusmayani, R., Qosim, A., & Kadir, R. A. (2018). Upaya Guru Bahasa Arab Dalam Menumbuhkan Pemahaman Isi Kitab Kuning Bagi Pelajar Ahmadi Wittaya Foundation School Maelan Pattani, Thailand Selatan. Widya Balina, 3(2), 50–54. Retrieved from https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/20

Most read articles by the same author(s)