Pengaruh Penggunaan iPAD dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Harapan Mulia Denpasar

Authors

  • Rusmayani Rusmayani STAI Denpasar Bali
  • Ummu Atikah STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v6i11.80

Keywords:

IPad, Pola Asuh, Hasil Belajar

Abstract

SMP Harapan Mulia adalah salah satu sekolah swasta di Kota Denpasar, sekolah ini memiliki program smart classroom yakni pembelajaran dengan menggunakan iPad dan Digital Books. Program ini diterapkan sebagai upaya adaptasi dengan perkembangan IT yang semakin pesat, program ini akan berhasil dan berdampak positif bagi diri siswa jika dibarengi dengan pola asuh yang baik dari orangtua sebagai bentuk kontrol. Berdasarkan latar belakang tersebut maka adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh iPad terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh pola asuh terhadap hasil belajar siswa dan 3) Pengaruh iPad dan pola asuh terhadap hasil belajar siswa di SMP Harapan Mulia Denpasar. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional, populasinya seluruh siswa kelas VII dan VIII dengan sampel 67 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai thit -0.186 < ttab 2,000 artinya variabel X1 tidak berpengaruh terhadap variabel Y 2) nilai thit 0.287 < ttab 2,000 artinya variabel X2 tidak berpengaruh terhadap variabel Y, 3) nilai Fhit 0.052 < Ftab 3,15 Artinya variabel X1 dan X2 secara simultan tidak berpengaruh terhadap variabel Y. Kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 0,2% sisanya 99.8% dipengaruhi oleh variebel lain yang tidak diteliti.

 

Abstract

Harapan Mulia Junior High School is one of the private schools in Denpasar City, this school has a smart classroom program, namely learning using iPad and Digital Books. This program is implemented as an effort to adapt to the increasingly rapid development of IT, this program will be successful and have a positive impact on students if it is accompanied by good parenting from parents as a form of control. Based on this background, the objectives of this study are to determine: 1) The effect of iPad on student learning outcomes, 2) The effect of parenting on student learning outcomes and 3) The effect of iPad and parenting on student learning outcomes at Harapan Mulia Junior High School Denpasar. This research is a quantitative descriptive with a correlational approach, the population is all students of class VII and VIII with a sample of 67 students. Data collection techniques using questionnaires, documentation, and observation. The results showed that: 1) the value of thit -0.186 < ttab 2,000 means that the X1 variable has no effect on the Y variable 2) the thit value of 0.287 < ttab 2,000 means that the X2 variable has no effect on the Y variable, 3) the Fhit value of 0.052 < Ftab 3.15 It means variables X1 and X2 simultaneously have no effect on variable Y. The contribution of variables X1 and X2 to variable Y is 0.2%, the remaining 99.8% is influenced by other variables.

References

[1] Al Qur’an dan Terjemahannya. 2014. Jakarta: Departemen Agama.
[2] Apriyani, Tri. 2019. Waspadai Bahaya Gadget Mengancam Otak Anak Anda. Suara.com. 19 Desember
[3] Arifin, Syamsul. 2015. Pengertian Gadget . Kompas.com (online), (https://www. kompasiana.com/, diakses 20 maret 2020)
[4] Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[5] Babyologist. 2019. Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Pada Si Kecil. Kumparan, (online), (https://babyologist.com/ , diakses 26 Maret 2020)
[6] Darajat, Zakiyah dkk. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
[7] Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
[8] Hidayah, Munirotul. 2016. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman”, Skripsi, (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id/ diakses 10 April 2020,)
[9] Hidayah, Rifa. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN-Malang Press.
[10] Ibnu Ismail, Muhammad Abu Abdullah Al-Bukhari. 2004. Al Jami’ Shahih Al-Bukhari Juz 3. Kairo: Dar al-Hadits.
[11] Ibnu Yazid , Muhammad Abu Abdullah. 2008. Sunan Ibnu Majah Juz I. Beirut: Dar Al-Fikr.
[12] Iswidharmanjaya, Derry. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.
[13] Kementerian Agama Republik Indonesia, 2011. Pengembangan Standar Nasional PAI Nomor 211 pdf, diakses 7 Mei 2020.
[14] Koyan,I Wayan, M. Pd. 2012 Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha Press.
[15] Majid, Abdul, dan Dian Andayani, 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[16] Maolani, Rukaesih Achmad, dan Ucu Cahyana. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
[17] Minarti, Sri. 2018. Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoretis Filosofis dan Aplikatif Normatif. Jakarta: Amzah.
[18] Padjrin. 2016. Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Jurnal Radenfatah, (Online), Vol. 5, No.I, (http://jurnal.radenfatah.ac.id diakses 20 Maret 2020)
[19] Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[20] Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[21] Saepul Hamdi, Asep dan E. Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
[22] Santrock, John. 2007. Educational Psychology, diterjemahkan oleh Diana Angelica dengan judul: “Perkembangan Anak “edisi kesebelas jilid 2. Jakarta: Erlangga.
[23] Sari, Mirna Intan .2018 , “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Thoriqotussa’adah Pujon Kabupaten Malang”, Skripsi,(Online), (http://etheses.uin-malang.ac.id, diakses 23 Maret 2020)
[24] Siregar, Sofyan. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
[25] Slameto. 2003. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[26] Sochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
[27] Subagijo, Azimah. 2020. Diet dan Detoks Gadget. Jakarta : PT. Mizan Publika.
[28] Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[29] Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Pers.
[30] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
[31] Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[32] Tashandra, Nabilla. 2019. Berapa Batas Durasi Penggunaan Ponsel yang Aman Bagi Kesehatan?. Kompas.com , (online), (https://lifestyle.kompas.com/ diakses,28 Maret 2020)
[33] Tridonanto, Al. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
[34] UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat1.
[35] Umiarso dan Zamroni. 2011. Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Barat dan Timur. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
[36] Yudiatmaja, Fridayana. 2013. Analisis Regresi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Rusmayani, R., & Atikah, U. (2021). Pengaruh Penggunaan iPAD dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Harapan Mulia Denpasar. Widya Balina, 6(1), 173–187. https://doi.org/10.53958/wb.v6i11.80