EVALUASI EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA STAI DENPASAR BALI TAHUN 2018
Keywords:
Evaluasi Model CIPP, PPLAbstract
Evaluasi program ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan praktik pengalaman
lapangan (PPL) mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam
(MPI) STAI Denpasar Bali Tahun 2018. Evaluasi program ini difokuskan pada evaluasi proses dan evaluasi
hasil. Evaluasi ini menggunakan model CIPP yang salah satu dimensinya adalah procces serta product. Data
dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, serta observasi. Data yang terkumpul kemudian
dianalisis dengan tahapan penetapan kriteria mengenai kualitas, menganalisis dan menginterpretasi data
berdasarkan kriteria, yang selanjutnya sebagai bahan pertimbangan pengambil keputusan untuk menentukan
kebijakan pelaksanaan program selanjutnya. Hasil evaluasi menunjukkan, bahwa 1) Pelaksanaan program
PPL berjalan dengan lancar, dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, 2) semua pihak bekerja sesuai
dengan tugasnya masing-masing, 3) pelaksanaan program tidak ada hambatan yang berarti, namun ke
depannya perlu dipertimbangkan untuk memperpanjang waktu pelaksanaan PPL, 4) Visi, misi, dan tujuan
Prodi khusunya tujuan institusi untuk mencetak tenaga pendidik dan kependidikan islam yang handal dan
mumpuni sudah tercerminkan dalam pelaksanaan program PPL, 5) Untuk kompetensi personal dan sosial,
rata-rata kepala sekolah memberikan nilai 91.67 dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk kompetensi
pedagogik yang meliputi persiapan praktek perkantoran pendidikan dan praktek mengajar guru pamong ratarata
memberikan nilai 88.92 berada pada kategori baik.
References
[2] Hamalik Oemar. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
[3] Jumari, dkk. 2017. Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan dan Kuliah Kerja Nyata Terpadu, Denpasar, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
[4] Marhaeni, A.A.I.N. 2012. Evaluasi Program Pendidikan. Buku Ajar Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Singaraja, Program Pasca Sarjana UNDIKSHA Singaraja
[5] Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
[6] Patton, Michael Quinn. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka
[7] Widoyoko, S. Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar