Peranan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.107Keywords:
Supervisi Meningkatkan Kinerja GuruAbstract
Peningkatan kinerja guru dipengaruhi oleh peran supervisi Kepala Sekolah antara lain memperbaiki mutu mengajar guru, membina pertumbuhan profesi guru, peningkatkan mutu pengetahuan dan ketrampilan guru, pemberian bimbingan serta pemilihan dan penggunaan metode mengajar seperti alat-alat pelajaran, prosedur dan tehnik evaluasi pengajaran.Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru di SMP Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Apa hambatan dan solosinya dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020?Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peran Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Hambatan Dan Solosi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang betujuan mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, interaksi sosial atau individu, kelompok, lembaga dan masyarakat.Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pegawai tata usaha, guru dan komite SMP Tawakkal Denpasar yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) Peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Tawakkal Denpasar sudah berjalan dengan baik 2) Hambatan dan solusi dalam meningkatkan kinerja guru sudah sesuai dengan standar kinerja guru yang berlaku.
References
[2] Abdullāh Muḥammad Abū ibn Ismā„īl ibn Ibrāhīm ibn al-Mughīrah ibn Bardizbah al-Ju„fī, 2010 al-Bukhārī, Shahih Bukhari, Beirut: Insan Kamil.
[3] Aedi Nur, 2014, Pengawasan Pendidikan: Tinjauan Teori dan Praktek Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[4] Aguslani dan Rudi, 2018, Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rodakarya.
[5] Ametembun N.A., 2007. Supervisi Pendidikan Disusun Secara Berprogam. Bandung: Suri
[6] A. Piet Sahertian, 2000, Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
[7] Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.
[8] Asf Jasmani dan Syaiful Mustofa, 2013, Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
[9] Bahri Syaiful Djamarah, 2010, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta:Pt RinekaCipta
[10] Bungin Burhan,2010, Metode ` Kualitatif, Jakarta:Rajawali Pres.
[11] Depdikbud, 2003, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (edisi ke-3, Balai Pustaka, Jakarta.
[12] Etek Yurnalis, 2008, Supervisi Akademik Dan Evaluasi Pengajaran, Jakarta: Transmisi Media,
[13] Imron Ali, 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
[14] Fathurrohman Muhammad, 2015, Sukses Menjadi Pengawas Sekolah Ideal, Yogyakarta: Ar- ruzz media.
[15] Hamalik, 2003, Hasil Lokakarya Pembinaan Kurikulum Pendidikan Guru UPI , Bandung.
[16] Juni Donni Priansa Rismi Somad, Manajemen Supervisi dan pemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : Alfabeta.
[17] Margono, 2000, Metodelogi Peneitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta.
[18] Mathis dan Jackson, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Buku ke 2,
[19] Mohammad, 2004, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Quraisy
[20] Muhktar dan Iskandar, 2009, Orientasi Baru Supervisi Penedidikan, Jakarta: Gaung Persada.
[21] Mulyasa, E. 2007, Manajeman Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[22] Nasution,199, Metode Research, Bandung: Jemmars
[23] Nur Sunarti, 2011, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.
[24] Pidarta Made, 1996. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
[25] Purwanto Ngalim, 2010. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[26] Ridwan,2010, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula, Bandung: Alfabeta.
[27] Sahertian Piet, 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
[28] Satori Djam‟an dan Aan Komariah,2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.
[29] Simamora Henry, 2000, manajemen sumber daya manusia, Yogyakarta: STIE YKPN.
[30] Sudjana Nana Abrahim,1989, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.
[31] Sudiyono Anas, 1987, Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
[32] Suhardan Dadang, 2010. supervisi profesional. Bandung : Alfabeta.
[33] Sugeng, 2016. Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Sragen, Skripsi. Denpasar: Perpustakaan STAI Denpasar.
[34] Sugiyono 2005, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
[35] Sukardi, 2006, Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan, Yogyakarta: Usaha Keluarga.
[36] Sulistyorini, 2001, Hubungan Antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru, Jakarta: Ilmu Pendidikan.
[37] Uzer Moh Usman, 2003, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT . Remaja Rosda Karya.
[38] Wahab Abd dan Umiarso, 2010, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
[39] Widodo, 2017, Metodologi Penelitian Populer & Praktis, Jakarta: Rajawali Press.