Penerapan Metode GRAND MBA pada Pembelajaran Al-Qur`an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an Siswa di MTs Hidayatullah Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020

Authors

  • Syamsul Arifin STAI Denpasar Bali
  • Achmad Qosim STAI Denpasar Bali
  • Khoeron Khoeron STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.109

Keywords:

Metode Grand MBA, Pembelajaran Alquran

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu fenomena siswa khususnya siswa MTs. Banyak dari mereka masih belum bisa membaca Alquran, maka dari itu guru memiliki peranan untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa. Tujuannya untuk mendiskripsikan penerapan metode Grand MBA pada pembelajaran Alquran dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di MTs Hidayatullah Denpasar, mendiskripsikan kualitas kemampuan baca Alquran siswa di MTs Hidayatullah Denpasar, mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Grand MBA di MTs Hidayatullah Denpasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penerapan metode Grand MBA dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di MTs Hidayatullah dilakukan secara klasikal dan dapat dikategorikan baik, kualitas siswa dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam membaca Alquran dengan baik dan benar. Sedangkan faktor pendukung diantaranya: kualitas guru yang baik sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran siswa dalam mengikuti pengajaran Alquran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap pembelajaran Alquran.

References

[1] Alquran dan terjemahannya. 2014. Jakarta: Departemen Agama
[2] Abu Zakariya an-Nawawi. 2002. Riyadhu Al-Sholihin. Bairut Libanon: Dar Tuqun Najah
[3] Al-Maliki Sayyid Muhammaad ibnu Maliki Alwi. 2005. Al Itqon fii ulumil Quran Bairut Libanon: Darul Fikri
[4] Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
[5] Muhaimin, dkk. 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Suatu Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama di Sekolah. Bandung: Rosda Karya
[6] Mulyana Dedy. 2005 Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
[7] Saiful Asep Muhtadi. 2003. Metodologi Penelitian Dakwah. Bandung: CV. Pustaka Mulia
[8] Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta
[9] Trana Jaya, Agung. Grand MBA Terampil Menerjemah Alquran Dan Membaca Kitab Gundul. Jakarta: Majelis Alquran Hidayatullah (MQH)
[10] https:/www.kanalinfo.web.id/menerapkan
[11] https://pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01290792/ironis-54%-muslim-indonesiatakbisaalquran

Downloads

Published

2020-12-28

How to Cite

Arifin, S., Qosim, A., & Khoeron, K. (2020). Penerapan Metode GRAND MBA pada Pembelajaran Al-Qur`an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an Siswa di MTs Hidayatullah Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020. Widya Balina, 5(2), 259–268. https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.109