Implementasi Metode Komunikasi Verbal dan Non Verbal untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar TPQ Tentang Terjemah Surat An Nas di Kelas IE SD Muhammadiyah 2 Denpasar Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Tauhid Hidayat STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v6i11.78

Keywords:

Implementasi Metode komunikasi, Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi Metode Komunikasi Verbal dan Non Verbal untuk meningkatkan Motivasi Berprestai dan Hasil Belajar TPQ Tentang Terjemah Surat An nas pada Siswa kelas 1E semester I SD Muhammadiyah 2 Denpasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 sebanyak 32 orang. Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif untuk menunjukan rata–rata skor motivasi berprestasi, hasil belajar, dan kriteria ketuntasan yang digambarkan dalam bentuk grafik poligon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dari hasil observasi tentang motivasi belajar sebelum penelitian hanya 60% pada siklus I menjadi 91% sedangkan Prestasi belajar dari post test mulai nilai 61,3 naik menjadi 69,1 ( siklus-I ) kemudian naik lagi menjadi 80,9 pada siklus – II sedangkan ketercapaian ketuntasan belajar dari 40,6% menjadi 65,6% dan pada Siklus-II menjadi 90,6%, dapat disimpulkan bahwa Metode Komunikasi Verbal dan Non Verbal dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan Hasil belajar, disamping itu untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. sehingga secara bertahap prestasi Tahfidz juz 30 peserta didik dapat meningkat.

ABSTRACT
The purpose of this research is to know the implementation methods of Verbal and Non Verbal Communication to increase Motivation Achievement and Learning Results TPQ About translations of the An nas in the grade 1 Muhammadiyah Primary School 2 nd Denpasar, semester 2. The subject of this research is the grade 1E by as much as 32 people. The data were analyzed using descriptive qualitative to indicate average score of achievers motivation, learning outcomes, and pass criteria minimals illustrated in graph form polygons. The results of this study showed that, the results of observation of the learning motivation research before just 60% in cycle I becomes 91% whereas the achievement of the learning post test start value rose to 69.1 61.3 (cycle-I) then up again into 80.9 on cycle – II while learning results from 40.6% to 65.6% and cycle-II being 90.6%, it can be concluded that the method of Verbal and Non Verbal Communication can be applied to increase the motivation

References

[1] Ancok, Djamaluddin dan Fuat Nashorin Suroso. Psikologi Islam, solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004.
[2] Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
[3] Habiburrahmanuddin, Nurul, Nurul Hikmah, Home Learning Sebuah Pembelajaran Dalam Setiap Aktivitas Anak, Tangerang : At-Tafkir Press, 2008.
[4] Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2007, Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
[5] Hidayat, Riswanto. Komunikasi Verbal. www. Bahasabicara.com. diakses tanggal 4 April 2011
[6] Hudjana Agus M, Komunikasi. Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Kanisius, 2003.
[7] Hera Lestari Kikarsa, agus Taufik, Puji Lestari Prianto. 2007. Pendidikan Anak di SD : Jakarta. Universitas Terbuka
[8] I.G.A.K Wardhani, dkk. 2007 Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta. Universitas Terbuka.
[9] Muhammad, Arni. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
[10] Mulyana, Deddy. Prinsip-prinsip dasar Pengantar Komunikasi.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2001.
[11] Nata Abuddin, Hand Out : Konsep Islam Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Motivasi Menghafal Alqur’an Sejak Dini. Jakarta: 2009
[12] Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[13] Nasrullah. Asyik dan Seru Menghafal AlQur’an dengan Gerak dan Lagu:mulai usia 0 tahun, Tangerang : At-Tafkir Press, 2008.
[14] Rahmat Jalaluddin, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009
[15] SIK, Vicky. Urgensi Menghafal Alqur’an, www. Fiqih Islam.com diakses pada 25 maret 2011.
[16] Syafik, Muhammad. Back to al-qur’an : Mozard ternyata tidak membuat Cerdas. http//:insanpermata.com/ diakses pada tanggal 29 desember 2010.
[17] Suteja, K.G. Widiyaiswara LPMP Bali, 2007. Penelitian Tindakan Kelas Materi
[18] Tn.Pengertian Implementasi, Artikel diakses pada 17 April2011. http//indoskripsi.com.
[19] Undiksha 2011 Penelitan Tindakan Kelas PLGP. Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha
[20] Vardiansyah Dani, Pengantar Ilmu Komunikasi, Ghalia Indonesia,Jakarta: 2004.
[21] Wardi Husni Tanggung, Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Penndidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Hidayat, T. (2021). Implementasi Metode Komunikasi Verbal dan Non Verbal untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar TPQ Tentang Terjemah Surat An Nas di Kelas IE SD Muhammadiyah 2 Denpasar Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Widya Balina, 6(1), 120–157. https://doi.org/10.53958/wb.v6i11.78