Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn Siswa kelas V semester II SD Muhammadiyah 2 Denpasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhamadiyah sebanyak 30 orang. Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif untuk menunjukan rata–rata skor aktivitas, hasil belajar, dan kriteria ketuntasan yang digambarkan dalam bentuk grafik poligon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan skor nilai dalam aktivitas dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada tiap–tiap siklus, pada siklus I rata-rata hasil belajar PKn sebesar 67 dan aktivitas sebesar 46,3 serta ketuntasan belajar siswa sebesar 37% meningkat pada siklus II dimana hasil belajar PKn mencapai 76,3 dan aktivitas sebesar 61 serta ketuntasan belajar siswa sebesar 70%. Pada siklus III terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar PKn sebesar 83 dan aktivitas sebesar 82 termasuk kategori sangat tinggi serta ketuntasan belajar siswa mencapai 100%.
The purpose of this study: Implementation Cooperative Instruction Model, STAD Type to Improve (1)The Activity and (2)Learning Achievement on Civilization Study for the fifth Grade Students at Second Semester in Muhammadiyah 2nd Primary School, Denpasar. The population of this study was 30 students . The data was analyzed by using descriptive statistic by finding the mean scores of activity, learning achievement, and students passing grade criteria which was continued by drawing those all into a polygon graphic. The result was Implementation Cooperative Instruction Model, STAD Type is effective to improve the activity and learning achievement of civilization study. This was shown by the improvement of the student mean scores on activity and learning achievement achieved by the students in each cycle where in cycle I it was rate of Learning Achievement on Civilization Study is 67, the activity is 46,3, and result of learning achievement is 37%. On cycle II, it increased into 76,3 of learning Achievement, the activity is 61 and the result of learning achievement is 70%.However, in cycle III, it increased into 83 of learning Achievement, the activity is 82 and the result of learning achievement is 100%.
References
[2] Gunawan Tri, I Nyoman.2010. Pengaruh Pendekatan Pemceahan Masalah Terbuka Berseting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Gugur IV Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana. (Tesis)
[3] Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2007, Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
[4] I.G.A.K Wardhani, dkk.2007.Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta. Universitas Terbuka. Johnson, R.T. & Johnson, D. W. 1994. An Overview of Cooperative Learning.Http://www.co-operation. org/pages/overviewpaper.html. diakses tanggal 22 Juni 2010.
[5] Isjoni. 2010. Cooperative Learning . Bandung: ALPABETA.
[6] Johnson, R.T. & Johnson, D. W. 1994. An Overview of Cooperative Learning.Http://www.co-operation. org/pages/overviewpaper.html. diakses tanggal 22 Juni 2010.
[7] Lasmawan,Wayan.1997. Pengembangan Model Belajar “Cooperative Learning” dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (Studi Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD di Kota Bangli Propinsi Bali/ Bangli: (Tesis).
[8] Lie, A. 2004. Cooperative Learning : Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
[9] Marhaeni. A.A.I.N.2010. Asesmen Bahasa Yang Bermakna. Orasi Pengenalan Jabatan Guru Besar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
[10] Rasmiati, Ni Nyoman.2010. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD dalam Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP 1 Dawan. Klungkung. (Tesis).
[11] Rapini, Ni Made.2011. Penelitian Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa kelas IV SD No 3 Mambal Kecamatan Abian Semal, Badung. (Tesis).
[12] Suparno.1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius.
[13] Slavin, J. & Ysseldiyke, J.E.1995. Assessment. Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.