Budaya Organisasi
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v4i2.39Keywords:
Budaya, OrganisasiAbstract
Budaya organisasi adalah perangkat sistem nilai-nilai (values), keyakinan-keyakian (beliefs), asumsi-asumsi (assumptions), atau sebuah norma yg sudah berlaku, disepakati dan di ikuti sumber daya manusia di sebuah organisasi sebagai prinsip atau pedoman dan pemecahan masalah yang timbul disebuah organisasi. Dalam membangun budaya organisasi tentu masing-masing organisasi apapun jenis dan level organisasi memiliki pengalaman yang berbeda pada beberapa keadaan dan memiliki sebuah persamaan dalam keadaan tertentu. Hal ini, menandakan adanya dinamisasi dalam sebuah organisasi dalam membangun budaya organisasi sebagai pedoman dan prinsip setiap individu di sebuah organisasi dalam menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing untuk mensukseskan tujuan organisasi dibangun. Budaya organisasi lahir dari proses panjang di mulai sejak awal pendirian organisasi sampai ke fase pembentukan dan ke fase kesuksesan. Sebuah perjalan panjang terserbut, baik perjalan yang berupa kegagalan dan kesuksesan merupak perjalan yang kemudian dijadikan pijakan dalam membagun budaya organisasi.
References
[2] Fred Luthan, Perilaku Organisasi, Andipublisher.com. 125
[3] Gary Yulk, Kepemimpinan Dalam Organisasi Edisi kelima, (Prentice Hall,Edisi Indonesia 2010)
[4] James A.F. Stoner & Charles Wankel, Manajemen Edisi Ketiga Jilid 1,(CV Intermedia Jakarta,1986)
[5] James A.F. Stoner & Chaerles Wankel, Manajemen Edisi Ketiga Jilid 2, (CV Intermedia Jakarta,1986)
[6] Stephan P. Robins, Essentials of Organizational Behaviour, (New york; Printice Hall,1996)
[7] Robins dan Coulter, Manajemen Jilid 1 E13,(PT Gelora Aksara Pratam Erlangga,2016)
[8] Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, (PT Bumi Aksara,Jakarta, 2015)