STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI MTS MIFTAHUL ’ULUM DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v10i2.869Keywords:
Strategi Kepala Madrasah, Kinerja PendidikAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi Kepala Madrasah MTs Miftahul ’Ulum Denpasar dalam merancang strategi yang efektif guna meningkatkan kinerja pendidik agar proses pembelajaran berjalan profesional dan bermakna. Tujuannya: (1) mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pendidik di MTs Miftahul ’Ulum Denpasar, (2) menelaah sejauh mana strategi tersebut berdampak pada peningkatan kinerja pendidik, dan (3) mengidentifikasi faktor penghambat serta solusi yang ditempuh. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif naratif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan triangulasi untuk uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi kepala madrasah dilakukan melalui pemberian motivasi, keteladanan, pelatihan, serta komunikasi harmonis. (2) Strategi ini terbukti meningkatkan variasi metode pembelajaran, keterlibatan guru dalam kegiatan sekolah, serta hasil belajar siswa. (3) Hambatan yang muncul antara lain keterbatasan waktu guru dan kurangnya proaktivitas sebagian pendidik. Solusi yang ditempuh berupa pembinaan berkelanjutan dan dorongan untuk terus berinovasi. Dengan demikian, strategi kepala madrasah berkontribusi positif dalam meningkatkan kinerja pendidik dan mutu pembelajaran di madrasah.
References
Azwar, Saifuddin. 2010. ”Metode penelitian”. (Yogyakarta:Pustaka Pelajar).
Bass, Bernard M., & Riggio, Ronald E. 2006. “Transformational Leadership”. (New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates).
Biantoro,. dan Setiawan. 2021. Pendidikan Inklusif Sebuah Pendekatan Integratif. Jurnal Pendidikan Luar Biasa.
Bungin, Burhan. 2010. “Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Pubik, dan Ilmu Sosial Lainnya”. (Jakarta: Kecana).
Dewi Sari Ratika. 2010. “Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar”. (Bandung: Pendidikan Indonesia).
E. Mulyasa,. E. 2004. “Menjadi Kepala Sekolah Profesional menyukseskan MBS”. (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Furchan, Arief. “Pengantar Penelitian dalam Pendidikan”. (Yogyakarta: Pustaka Belajar
Haqiqi, Rafsanjani,Haqiqi. 2019. Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.
Hasibuan. 2007. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. (Jakarta: PT. Bumi Aksara)
Khulyati. 2022.“Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru” Vol.10, No.2
Miles, B Matthew, Hubberman, A, Michael. 1992. “Analisis Data Kualitatif terj Tjepjep Rohendi Rohidi”. (Jakarta: UI Press).
Moelong, J, Lexy. 2016. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).
Mulyasa. 2013. “Menjadi Kepala Madrasah Prefesional”. (Bandung: Remaja Rosdakarya).
Purwanto, Imron., dan Rohmadi, Yusuf. 2021. Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.
Rizal, Muhammad, Bakhri Syaiful. 2023.Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Kinerja Guru di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang.. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Shihab, Quraish, M. 1995. “Membumikan al-Quran; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Masyarakat.” (Bandung: Mizan)
Sudjana. 2000. “Strategi Pembelajaran”. (Bandung : Falah)
Uno, Hamzah B., dan Nurdin Lamatenggo. 2014. ”Teori Kinerja dan Pengukurannya”. (Jakarta: Bumi Aksara).
Yulk. 1998. “Kepemimpinan dalam Organisasi”. (Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer).
Kitab Suci dan Undang-Undang/Peraturan
1. Alquran dan Terjemahan. 2010. Kemenag RI. (Bandung:PT. SYGMA EXAMEDIA ARKANLEEMA)
2. Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia)