Penerapan Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di MI Al Azhar Tuban Badung Tahun Pelajaran 2019-2020

Authors

  • Omaidi Omaidi Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Mahrusun Mahrusun Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Sudarsono Sudarsono Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.191

Keywords:

Peranan Kebijakan dan Pendidikan Karakter

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan proses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan peserta didik mulai dari penerimaan peserta didik hingga prestasi peserta didik Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana penerapan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa di MI Al Ahzar Tuban, Badung? 2)untuk mengetahui kendala dan solusi dalam meningkatkan prestasi siswa di MI Al-Ahzar Tuban, Badung. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa di MI Al-Ahzar Tuban, Badung, 2) Untuk mengetahui penghambat dan pendukung dalam meningkatkan prestasi siswa di MI Al-Ahzar Tuban, Badung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni melalui penyajian dan penafsiran data yang ada di lapangan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1)Penerapan manajemen kesiswaan di MI Al Azhar tuban yaitu penerimaan siswa baru, pencatatan prestasi belajar, pencatatan bimbingan dan penyuluhan serta monitoring telah dilaksanakan sesuai dengan tata tertib dan tujuan pendidikan (2)Kendala dan solusi dalam meningkatkan prestasi siswa di MI Al Azhar Tuban bersumber dari faktor internal kurangnya kesiapan dalam menghadapi pelajaran, kurangnya minat belajar, dan kurangnya perhatian orang tua. Sedangkan faktor eksternal ialah lingkungan keluarga dan masyarakat diluar sekolah yang tidak mendukung. Adapun solusinya adalah memberi motivasi pada siswa, memberikan waktu khusus di luar jam efektif, dan memberi kesempatan pada siswa untuk menunjukkan bakat di dalam kelas.

References

Arikunto Suharsimi, 2004. Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara.
Asmara, 2009. Prestasi Belajar Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Bafadal Ibrahim, 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Jakarta: PT. Bumi Aksara,
Bahri Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Jakarta: Rineka.
Djamarah Syaiful. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka
E. Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gunawan Ary. 1996. Administrasi Sekolah; Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Imron Ali. 2003. Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan, Malang: Universitas Negeri Malang.
Joni Raka T. 1980. Bimbingan Belajar. Bandung: CV.Sinar Baru.
Kasan Tholib, Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan, Jakarta: Studi Press.
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Jogjakarta: AR-RUZZ Media Grops.
Mantja W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan, Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran, Malang: Elang Mas.
Moleong, J, Lexy. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyono Abdurrahman, 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurdin Matry. 2008. Implementasi Dasar- Dasar Manajemen Sekolah dalam Era Otonomi Daerah, Makassar: Aksara Madani.
Prihatin Eka, 2011. Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
Qomar Mujamil, 2007.Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Jakarta: Erlangga.
Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media
STAI Denpasar Bali. 2019. Pedoman Penyusunan Skripsi, Denpasar: STAI Denpasar Bali
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Umar Husen, 2005. Metode Penelitian, Jakarta: Salemba Empat.
Winkel WS, 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar (Jakarta: PT. Gramedia.

Published

2023-02-22

How to Cite

Omaidi, O., Mahrusun, M., & Sudarsono, S. (2023). Penerapan Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di MI Al Azhar Tuban Badung Tahun Pelajaran 2019-2020. Faidatuna, 4(1), 273–288. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.191

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>