Strategi Kepala Madrasah Dalam Memperlancar Proses Pembelajaran Melalui Daring Di MI Al-Muhajirin Denpasar Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.187Keywords:
Strategi Kepala Madrasah, Proses Pembelajaran DaringAbstract
MI Al-Muhajirin merupakan salah satu sekolah yang berada di wilayah denpasar yang tengah menerapkan proses pembelajaran melalui daring. yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Strategi Kepala MI Al-Muhajirin selama Masa Pandemi Covid-19, 2) Proses Pembelajaran melalui Daring di MI Al-Muhajirin Denpasar selama Masa Pandemi Covid-19, 3) Strategi Kepala Madrasah dalam Memperlancar Proses Pembelajaran melalui Daring di MI Al-Muhajirin Denpasar selama Masa Pandemi Covid-19 Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif yaitu akan dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Strategi kepala madrasah telah memfasilitasi keperluan dasar guru seperti menyiapkan kuota khusus untuk guru, menyiapkan media penunjang seperti camera, tripod, ruang khusus untuk membuat video pembelajaran. (2) Proses pembelajaran daring di MI Al-Muhajirin dapat dilihat dari nilai-nilai siswa mengalami peningkatan. (3) Strategi kepala madrasah dalam usaha memperlancar pembelajaran melalui daring telah diterapkan, yaitu dengan menyiapkan handphone khusus serta ruang kelas khusus.
References
Bilfaqih Yusuf, 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Jakarta: CV Budi Utama
Denny, Loviga. 2020 Efektifitas Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19, Aksioma Jurnal, Vol 9, No. 2
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Dipdiknas
Huberman. dan Miles. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Hafner. 2020. Perkembangan Komunikasi Daring.(https://dosenpendidikan.co.id/ diakses pada 15 Mei 2020)
Hakiman. 2020. Pembelajaran berbasis daring.(https://iainsurakarta.ac.id/diakses pada 15 Mei 2020)
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta: Perum Balai Pustaka
Ramdani, Mawar. 2019. Efektivitas Pembelajaran E-Learning (Studi Kasus di Kelas SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri yogyakarta
Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Online)
Republik Indonesia. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid-19,(Online)
Sumidjo Wahjo, 2003. Kepemimpinan Kepala madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Lencana
Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Ulya, Ahmalia. 2019. Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Kelas IV Madrasah Stanawiyah Negeri 1 kota Blitar Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Tulungagung: Institut Agama Islam
Veithzal Rivai. 2003. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wahab, Rochmat. 2020. Pendidikan dan Pembelajaran di Era covid 19 (https://Timesindonesia.co.id/diakses pada 15 Mei 2020)
Warschauer. 2020. Pengertian sistem komunikasi dan pembelajaran berbasis daring.(https://dosenpendidikan.co.id/diakses pada 15 Mei 2020)
Zuhairini. 2013. Faktor penting pembelajaran daring.(https://www.banjirembun.com//diakses pada 16 Mei 2020)