Pengaruh Digitalisasi Data Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD Muhammadiyah 2 Denpasar

Authors

  • Wahyutri Imelda Fajrin Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Jumari Jumari Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Tauhid Hidayat Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.179

Keywords:

Digitalisasi Data Sekolah, Kinerja Guru, Prestasi Belajar

Abstract

Digitalisasi data di era modernisasi akan memudahkan guru dan siswa untuk belajar sehingga akan berdampak pada prestasi belajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh antara digitalisasi data sekolah dengan prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah 2 Denpasar, 2) pengaruh antara kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 2 Denpasar, 3) pengaruh antara digitalisasi data dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SD muhammadiyah 2 Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima berjumlah 140 siswa, dan jumlah sampelsebanyak 104 siswa dengan teknik proporsionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara digitalisasi data dengan prestasi belajar siswa dimana t hitung > t table sebesar 2,195>1,983 taraf signifikansi 5%. (2) terdapat pengaruh antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa dimana t hitung > t table sebesar 2,195 > 1,983 taraf signifikansi 5%. (3) terdapat pengaruh didigtalisasi data dan kinerja guru dengan prestasi belajar siswa dimana nilai Fhitung >Ftabel sebesar 5,648 >3,08 dengan taraf signifikansi 5% . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara : 1) digitalisasi data sekolah terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah 2 Denpasar, 2) kinerja guru terhadap prestasi beajar siswa SD Muhammadiyah 2 Denpasar, 3) Digitalisasi data sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah 2 Denpasar.

References

Asaniyah, Neneng. 2017. Pelestarian Informasi Koleksi Langka:Digitalisasi, Restorasi dan Fumigasi. Buletin perpustakaan UII Yogyakarta no. 57, Mei
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surbaya: Usaha Nasional
Departemen Agama RI, 2009. Alqur’an dan terjemahannya jakarta: PT Tehazed
Husaini, Usman. 2008. Manajemen Teori Praktek Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha Press
Lailatifah. 2016. Pengaruh Layanan Informasi Digital Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Tanggerang Selatan, Skripi. Universitas Negeri Jakarta
Mubarok, A. Zaki. 2018. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Problematika Pendidikan tinggi. Yogyakarta: Gading Pustaka
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Nomor 31 Tentang Satuan Pendidikan Penerima BOS Afirmasi dan Bos Kinerja
Poltak Sinambela, Lijan. 2012. Kinerja Pegawai, Teori, Pengukuran Dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rosidah Dan Sulistiyani. 2003. Pemimpin Dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Grafindo Persaada
Setyabudi Candra. 2016. Pengaruh Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Klaten, Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta
STAI Denpasar Bali. 2019. Pedoman Penyusunan Skripsi. STAI Denpasar Bali
Subana, dan Sudrajat Rahadi Moersetyo. 2020. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta,cv
. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta,cv
. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta,cv
. 2005.Statistika Pendidikan. Bandung: Alfabeta,cv
Suharsimi, Arikunto. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta
Susanto, Ahmad. 2016. Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Depok: Prenada Media Group
Undang Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. 2006. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia
Widiasworo, Erwin. 2019. Guru Ideal di Era Digital. Yogyakarta: Noktah
W.J.S Poerwodharminto. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka
W.S. Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta:

Published

2023-03-02

How to Cite

Fajrin, W. I., Jumari, J., & Hidayat, T. (2023). Pengaruh Digitalisasi Data Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD Muhammadiyah 2 Denpasar. Faidatuna, 4(1), 73–90. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.179

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>