Urgensitas Pendidikan Karakter Untuk Pencegahan Praktik Bullying Peserta Didik Di MI Insan Mulia Jimbaran Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Linda Istiyana Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Jumari Jumari Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Khoeron Khoeron Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.188

Keywords:

Pendidikan Karakter, Praktik Bullying

Abstract

Bullying merupakan tindakan yang merugikan orang lain secara sadar dan dilakukan secara berulang-ulang dengan penyalahgunaan kekuasaan secara sistematis. Dalam dunia pendidikan perilaku bullying dapat dicegah melalui pendidikan karakter. Berhasil atau tidaknya pencegahan perilaku bullying tergantung dari lembaga dan pendidik yang professional. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter di MI Insan Mulia Jimbaran Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui bentuk bullying yang terjadi di MI Insan Mulia Jimbaran Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) Untuk mengetahui urgensitas pendidikan karakter untuk pencegahan praktik bullying peserta didik di MI Insan Mulia Jimbaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni melalui penyajian dan penafsiran data yang ada di lapangan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 informan yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah 1) Penerapan pendidikan karakter di MI Insan Mulia dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan yang telah terencana, 2) Bentuk bullying yang terjadi di MI Insan Mulia yaitu saling mengejek dan tidak ditemani atau dikucilkan, 3) Pendidikan karakter merupakan kunci penting dalam membentuk kepribadian anak agar mejadi individu yang berkarakter.

References

Al-Qur’an dan Peraturan/Perundang- undangan RI
Departemen Agama Republik Indonesia. 2018. Al-Qur’an Hafalan Mudah. Bandung: Cordoba
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Tentang Sitem Pendidikan Nasional, (diakses pada 20 Maret 2020, pukul 11.00 WITA)
Nomor 23 Tahun 2002 Pasal 54 ; Tindakan Tentang Perlindungan Anak (diakses pada 20 Maret 2020, pukul 10.50 WITA)
Buku Referensi
Arya, Luthfi. 2018. Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. Mojokerto: CV. Sepilar Publishing House
Cahyono, Guntur. 2017. “Pendidikan Karakter Perspektif Al Qur’an Dan Hadits”. Jurnal Ahwal al-Syahsiyah dan Tarbiyah STAI Mempawa, Vol. V, No. 1
Hamadani, Ahmad. 2015. “Sekolah Alam: Alternatif Pendidikan Ramah Anak”. Jurnal Harkat Media Komunikasi Gender: Edisi 11
Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia
Khamalah, Nur. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah”. Jurnal Kependidikan. Vol 5
Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karkter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo
Rohmah Ismiatun. 2014. “Bullying di SD Negeri Gondolayu Kota Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Rohmatul Laelah. 2016. “Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Kegiatan Di MI Ma’arif Bego Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tobroni. 2018. Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam dari Idealisme Substantif hingga Konsep Aktual. Jakarta: Prenadamedia Group
Wiyani, Novan Ardy. 2014. Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Yayasan Semai Jiwa Amini (Sejiwa). 2008. Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Grasindo
Yuyarti. 2018. Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif. (8) Edisi 2
Internet dan Aplikasi
Wirawan, Indra. 2019. Pengertian Bullying Secara Umum dan para Ahli di https://indorsie.com/pengertian- bullying/ (diakses pada 15 Desember)

Pernyataan Hasil Wawancara
Adt, Siswa Kelas VI Ali MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 06 Juni 2020
Asy, Siswa Kelas V UBK MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 07 Juni 2020
Cr (korban bullying), Siswi Kelas IV Shafa MI Insan Mulia, wawancara pribadi, Jimbaran, 09 Juni 2020
Dwi Wulandari, Wali Kelas V UBK MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 07 Juni 2020
Elsa, Wali Kelas IV Shafa MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 13 Juni 2020
Eva Fajarina, Waka Kesiswaan MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 18 Mei 2020
Fatimatul Hasanah, Kepala Sekolah MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 15 Mei 2020
Hanan, Wali Kelas III Firdausy MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 14 Juni 2020
Heni Sri Mulyanti, Wali Kelas II Mekah MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 14 Juni 2020
Syukris Prasetyo Arti, Wali Kelas VI Ali MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 06 Juni 2020
Yusrin, Guru Aqidah Akhlaq MI Insan Mulia, Wawancara Pribadi, Jimbaran, 08 Juni 2020

Published

2023-02-22

How to Cite

Istiyana, L., Jumari, J., & Khoeron, K. (2023). Urgensitas Pendidikan Karakter Untuk Pencegahan Praktik Bullying Peserta Didik Di MI Insan Mulia Jimbaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 220–235. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.188

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>