Penerapan Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Di MI Al Azhar Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Muhammad Rofiqur Rohman Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Achmad Qosim Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Khoeron Khoeron Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.186

Keywords:

Manajemen Mutu, Prestasi, Akademik

Abstract

Manajemen mutu merupakan sarana yang memungkinkan untuk digunakan sebagai dasar dalam memperbaiki sistem pendidikan. Salah satu persoalan yang dihadapi MI Al Azhar Tuban adalah menurunnya prestasi akademik siswa pada akhir-akhir ini. Sehingga berdampak pada pengelolaan manajemen madrasah. Namun persoalan tersebut masih bisa diatasi melalui manajemen mutu yang diterapkan di Madrasah Ibtida’iyah. Standar manajemen yang diterapkan harus dilandasi pada Sistem Pendidikan Nasional. Salah satu keberhasilan manajemen mutu dalam meningkatkan prestasi akademik yaitu mutu belajar siswa yang semakin meningkat. Maka dari itu penerapan manajemen mutu sangat penting dan membantu bagi lembaga pendidikan yang memiliki penurunan prestasi akademik siswa demi mencapai lulusan-lulusan yang unggul dibidang prestasi akademik. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan manajemen mutu dalam meningkatkan prestasi akademik di MI Al Azhar Tuban Badung? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Manajemen Mutu di MI Al Azhar Tuban Badung? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen mutu dalam meningkatkan prestasi akademik di MI Al Azhar Tuban Badung (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap penerapan manajemen mutu di MI Al Azhar Tuban Badung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif di Madrasah Ibtida’iyah Al Azhar Tuban Badung dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, selama penelitian dianalis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam skripsi ini menghasilkan: (1) penerapan manajemn mutu dalam meningkatkan prestasi akademik meliputi perencanaan kualitas, peningkatan kualitas, kontrol kualitas dan jaminan kualitas (2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan manajemen mutu adalah faktor internal dan eksternal.

References

Al Fatih, 2012, Al Qur’an Tafsir Perkata Tajwid, (Jakarta, PT. Insan Media Pustaka,), h. 87
Ali , Mohammad, 2007, “Penjaminan Mutu Pendidikan” dalam Mohammad Ali,Ibrahim, R., Sukmadinata, N.S., Sudjana, D., dan Rasjidin, W.(Penyunting), Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jilid II., (Bandung:Pedagogiana Press,), h. 344
Bukhori, Abu Abdullah Muhammad Bin Ismail, Ensiklopedia Hadist; Shohih Bukhori, Terj. Masyhar Dan Muhammad Suhandi, (Jakarta: Almahira, Cet. I, 2011) Hal. 59
Fandy, Tjiptono&Anastasia Diana, 2000, Total Quality Management (TQM), Ed.IV, (Yogyakarta: ANDI,), ed.IV, h. 4
Gaspersz, Vincent, 2001, Total Quality Management, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, hal. 8
Lexi, J. Moleong, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya), h.117
Mulyasa, E 2003, Menjadi Kepala Madrasah Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarta Offset,), h. 90
Malayu, Hasibuan S.P., 2004, Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta: Bumi Aksara, , hal. 54
Mulyasa, E, 2005, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. ( Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,) Cet. Ke-5, hal. 226.
Masri, Singrimbun dan Sofian Effendi, 1989 Metode Penelitian Survey, (Jakarta: LP3ES,)
Miles, M. B. Dan Humberman, 1992, Analisis Data Kualitatif. (Jakarta: Ul-Pres,) hal. 80
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D”. Bandung: Alfabeta
Nana, Syaodih Sukmadinata, dkk, 2006, Pengendalian Mutu Pendidikan Madrasah Menengah (konsep, prinsip, dan instrument), (Bandung: PT. Refika Aditama,), h.7
Nana, Syaodih Sukmadinata, dkk, 2000, Pengendalian Mutu Pendidikan Madrasah Menengah (konsep, prinsip, dan instrument), (Bandung: PT. Refika Aditama), h.7
Riduwan, 2010, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, (Bandung: Alfabeta,) h. 55
Republik Indonesia Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam http://www.inheret- dikti.net/files/sisdiknas.pdf.
Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan (Konsep, Strategi dan Aplikasi) Jakarta, h. 81-82
Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan (Konsep, Strategi dan Aplikasi) Jakarta, , h. 83
Sawiji, H. 2013. Pengantar Manajemen. Surakarta: UNS Press
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2008), h. 85.
Suharsimi, Arikunto, 1989, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta:PT Bima Karya,), h. 102
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, (Bandung: Alfabeta,), h. 270
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, (Bandung: Alfabeta,), h.271
Sukardi, 2006, Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan, (Yogyakarta: Usaha Keluarga,), h. 72
Wahab, Abdul, Solichin. 2014. Analisis Kebijakan: dari Formulasi Ke Penyusunan Mode- Model Implementasi Kebijakan Publik, Jakarta: Bumi Aksara
https://id.wikipedia.org/wiki/PrestasiKementri an Pendidikan dan Kebudayaan.
Diakses tanggal 21 April 2014.23.23
https://id.wikipedia.org/wiki/PrestasiKementri an Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses tanggal 21 April 2014.23.23.

Published

2023-02-22

How to Cite

Rohman, M. R., Qosim, A., & Khoeron, K. (2023). Penerapan Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Di MI Al Azhar Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 189–203. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.186

Most read articles by the same author(s)