Profesionalisme Tenaga Tata Usaha Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Di Mi Bina Ihsan Mulia Badung Bali Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Aprian Irfan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia
  • Achmad Qosim Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia
  • Sudarsono Sudarsono Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.175

Keywords:

Profesionalisme Tenaga Tata Usaha, Pelayanan Prima

Abstract

Lembaga pendidikan adalah suatu organisasi produksi yang menghasilkan jasa layanan pendidikan yang dibeli oleh para pelanggan pendidikan. Masalah yang dihadapi di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali yakni pelaksanaan profesionalisme tenaga tata usaha yang belum dilaksanakan dengan baik. Hal ini yang mendasari dilakukannya penelitian di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali yang memiliki pandangan terhadap pelayanan prima yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Profesionalisme Tenaga Tata Usaha di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali Tahun Pelajaran 2019/2020, dan Cara meningkatkan pelayanan prima di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Profesionalisme Tenaga Tata Usaha dilaksanakan dengan cara merekrut tenaga yang memiliki keahlian dan kompetensi dalam hal IT atau teknologi. Dalam peningkatan pelayanan prima dibutuhkan faktor yang berpengaruh didalamnya yaitu faktor individu, faktor pekerjaan, dan faktor organisasi.

References

Al Quran dan Terjemahannya Kementrian Agama RI. 2011. Surabaya: Pustaka Agung Harapan
Arifin, Muzayyin. 2003. Kapita Sekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara Arikunto,
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Daryanto. 2011. Administrasi Pendidikan.
Jakarta: PT Rineka Cipta
Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendiknas No. 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Published

2023-03-01

How to Cite

Irfan, A., Qosim, A., & Sudarsono, S. (2023). Profesionalisme Tenaga Tata Usaha Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Di Mi Bina Ihsan Mulia Badung Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 15–25. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.175

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>