Peran Supervisi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Manajemen Kelas Di MI Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.53958/ft.v2i1.147Keywords:
Peran supervisi kepala Madrasah, Manajemen KelasAbstract
Dalam suasana kelas yang menyenangkan dan efektif tentunya akan berpengaruh terhadap semangat dan keaktifan siswa dalam belajar di kelas. Dan hal ini tentunya tidak hanya guru sebagai pengelola kelas yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi menyenangkan dan efektif, akan tetapi perlu adanya peran dari kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen kelas. Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana peran supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen kelas di MI Tawakkal Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 ?, 2) Apa hambatan dan solusi kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen kelas MI Tawakkal Denpasar tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1) Peran supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen kelas di MI Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021, dan 2) Hambatan dan solusi kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen kelas di MI Tawakkal Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan metode penyajian, penafsiran data terhadap faktor-faktor di lapangan. Untuk memperoleh data yang valid dan akurat, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah telah menerapkan beberapa program tentang pengembangan manajemen kelas diantaranya yaitu di setiap sudut ruangan kelas memiliki perpustakaan kecil untuk meningkatkan minat baca siswa. Kemudian disetiap tahun pelajaran baru kepala madrasah mengadakan rapat kerja guru untuk membahas fungsi guru dan juga pembagian kelas, yang nantinya setiap guru ditugaskan untuk mengembangkan manajemen kelas. Dan di setiap awal semester terdapat lomba antar kelas, jadi akan diseleksi mana kelas yang menarik dan menyenangkan di antara kelas bawah yaitu kelas 1, 2, 3 dan kelas atas yaitu 4, 5, 6 yang nantinya pemenangnya akan diberikan reward oleh kepala madrasah. Dengan dilaksanakannya penelitian ini diharapkan peran supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen kelas di MI Tawakkal Denpasar semakin optimal, dan kendala-kendala yang dihadapi segera dapat diatasi.
References
[2] Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad al-Lakhmiy ath-Thabrani, 1415 H. Mu’jam Al-Ausath, Kairo: Dar-Al Haramain.
[3] Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung, 2003. Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani.
[4] Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, 1971.
[5] John D. Millet, 2011. Management in the Public Service, Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
[6] Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.
[7] Moh. Yamin, 2009. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan, Yogyakarta: Diva Press,.
[8] Marhum Sayyid Ahmad al-Hasyimi, 1999. Mukhtarul Ahaadits wa al-Hukmu alMuhammadiyyah, Beirut, Libanon: Daar al-Kitab al-Islami.
[9] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
[10] Yamin, Moh., 2009. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan, Yogyakarta: Diva Press.