Peran Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MI Al-Kalam Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.178Keywords:
Supervisi Kepala Sekolah, Profesionalisme GuruAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Al Kalam Denpasar tidak sebagaimana yang diharapkan bahwa kepala madrasah melakukan supervisi masih terdapat beberapa guru yang mengajar bukan disiplin ilmunya, guru yang merangkap jabatan pemimpin madrasah, guru pengabdian yang tidak memiliki ijazah S1. Hal ini Sangat penting dalam memperhatikan kompetensi profesional bagi seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Al Kalam Denpasar dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Al Kalam Denpasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Peran supervisi kepala madrasah meningkatkan profesionalisme guru di MI Al Kalam yaitu memimpin guru-guru dan tenaga kependidikan lainnya, untuk memperbaiki pengajaran termasuk menstimulasi, menyeleksi jabatan guru-guru, menyeleksi, dan merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran dan metode- metode mengajar serta evaluasi pengajaran.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fakthurrohman, 2012. Guru Profesional, Bandung : Refika Aditama
Herabudin, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung: CV
Pustaka Setia
Iskandar Mukhtar, 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press
Karwati Euis, 2013, Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu Bandung: Alfabeta
Kunandar, 2007. Guru Profesional, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mudjiono dan Dimyati .2006. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta. Rineka Cipta
Muklas, Samani, dkk, 2008. Buku 2 Pedoan Sertifikasi Guru dalam Jabatan Melalui Penilaian Portofolio,Jakarta: Depdiknas
Rusman, 2007. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sahertian Piet A, 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2012. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Yeager, 2013. Profesi Keguruan, Medan: Perdana Publishing