Inovasi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Muhammad Nur Rohmat Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Mahrusun Mahrusun Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Mohammad Hisyam Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.184

Keywords:

Inovasi, kepala madrasah dan Kreativitas

Abstract

Inovasi merupakan ide, praktik, barang, kejadian, atau metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang untuk menciptakan terobosan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan dikembangkan dijangkauan yang luas. Inovasi tersebut dapat dikembangkan melalui kreativitas siswa siswi untuk menanamkan jiwa dalam diri setiap anak. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Bagaimana Inovasi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Inovasi kepala madrasah dalam mengembangkan kreativitas siswa di MI Al Hudy sudah berjalan dengan cukup baik, terbukti dengan bertambahnya siswa-siswi yang tertarik dan berminat di bidang prakarya serta terbuktinya karya-karya mereka, serta faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas siswa di MI Al Hudy yaitu adanya pemberian support dari kepala madrasah, guru yang professional, dukungan wali murid, pelatihan rutin, lingkungan yang mendukung serta fasilitas madrasah yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keluarga yang tidak sepenuhnya satu visi dan misi dalam mengembangkan kreativitas siswa, pengaruh negatif social media atau teknologi, terbatasnya waktu.

References

Departemen Agama Republik Indonesia. 2018.
Al-Qur’an Hafalan Mudah. Bandung: Cordoba
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Tentang Sitem Pendidikan Nasional, (diakses pada 20 Maret 2020, pukul
11.00 WITA) Nomor 23 Tahun 2002 Pasal 54 Tentang Perlindungan Anak (diakses pada 20 Maret 2020, pukul 10.50 WITA)
B. Hurlock, Elizabeth. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarata: Erlangga.
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan:DalamUpaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2009. Mushaf Al Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: CV Pustaka Al Kautsar.
Djam’an Satori, Aan Komariah. 2010. Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Euis, Rahmawati Yeni dan Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Hamidjojo, 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Kristiawan, Muhammad. 2018. Inovasi Pendidikan Edisi Terbaru. Ponorogo: Wade Group.
Margono, 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami. 2002. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.
Mustaji, 2005. Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Jakarta.
Nafisah, Fithrotun. 2018. Skripsi “Inovasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SD Muhammadiyah Kabupaten Condongcatur." Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nasution. 1991. Metoe Research. Bandung: Jemmars.
Priansa, Donni Juni. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Afabeta.
Purwanto, Ngalim. 1995. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putri, Novi Nur Eka. 2018. Skripsi "Inovasi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Unggul SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Kabupaten Danukusuman".
Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Republik Indonesia Undang-Undang Nomor. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus media.
Ridwan, 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta. Sardiman, 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2014. Inovasi Pendidikan, cet ke-VII. Bandung: Alfabeta.
Silalahi, Ulber. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Silasahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kua blitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodah. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarata:Prenada Media.
Syafarudin, 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Tatik, Suryani. 2008. Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yoyakarta: Graha Ilmu.
Uhbiyati, Abu Ahmadi dan Nur. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wahjosumido, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Tinjauan teoritik dan permasalahannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Widodo, 2017. Metode Penelitian Populer & Praktis. Jakarta: Rajawali Press.

Published

2023-02-22

How to Cite

Nur Rohmat, M., Mahrusun, M., & Hisyam, M. (2023). Inovasi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 160–170. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.184

Most read articles by the same author(s)