Inovasi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Muhammad Nur Rohmat STAI Denpasar Bali
  • Mohammad Hisyam STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v3i1.166

Keywords:

Inovasi, Kepala Sekolah, Kreativitas

Abstract

Inovasi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Islam (STAI) Denpasar Bali. Inovasi adalah gagasan, praktik, barang, peristiwa, atau metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang untuk menciptakan terobosan dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah dan dikembangkan secara luas. Inovasi tersebut dapat dikembangkan melalui kreativitas siswa untuk menanamkan jiwa pada setiap anak. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana Inovasi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan Kreativitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar? Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah (1) untuk mengetahui inovasi kepala madrasah dalam mengembangkan kreativitas siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar, (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas siswa di Madrasah. Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar.Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan deskriptif merupakan gambaran data yang ada dengan tujuan untuk menggambarkan suatu fenomena sosial disertai dengan interpretasi terhadap faktor-faktor yang ada di lapangan. Untuk memperoleh data yang akurat dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga teknik yaitu: observasi, dokumentasi dan wawancara. Lokasi penelitian adalah MI Al Hudy Denpasar Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Inovasi kepala madrasah dalam mengembangkan kreatifitas siswa di MI Al Hudy sudah berjalan dengan baik, terbukti dengan semakin banyaknya siswa yang berminat dan tertarik pada bidang kerajinan dan bukti-bukti kerajinan tangan mereka. 2) Faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas siswa di MI Al Hudy yaitu adanya dukungan dari kepala madrasah, guru profesional, dukungan orang tua, latihan rutin, lingkungan yang mendukung dan fasilitas madrasah yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keluarga yang tidak sepenuhnya memenuhi visi dan misi dalam mengembangkan kreativitas siswa, pengaruh negatif media sosial atau teknologi, keterbatasan waktu.

References

Al-Qur’an dan Peraturan/Perundang-undangan RI

Departemen Agama Republik Indonesia. 2018. Al-Qur’an Hafalan Mudah. Bandung: Cordoba

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Tentang Sitem Pendidikan Nasional, (diakses pada 20 Maret 2020, pukul 11.00 WITA) Nomor 23 Tahun 2002 Pasal 54 Tentang Perlindungan Anak (diakses pada 20 Maret 2020, pukul 10.50 WITA)

Buku Referensi

Abidin, Munirul. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Malang: UIN-Maliki Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Beetlestone, Florence. 2011. Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreativitas Siswa. Jakarta: Nusa Media.

B. Hurlock, Elizabeth. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarata: Erlangga.

Danim, Sudarwan. 2002. InovasiPendidikan:DalamUpaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2009. Mushaf Al Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: CV Pustaka Al Kautsar.

Djam’an Satori, Aan Komariah. 2010. Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Euis, Rahmawati Yeni dan Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset.

Hamidjojo, 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kristiawan, Muhammad. 2018. Inovasi Pendidikan Edisi Terbaru. Ponorogo: Wade Group.

Margono, 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2002. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustaji, 2005. Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Jakarta.

Nafisah, Fithrotun. 2018. Skripsi “Inovasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SD Muhammadiyah Kabupaten Condongcatur." Yogyakarta:Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nasution. 1991. Metoe Research. Bandung: Jemmars.

Priansa, Donni Juni. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Afabeta.

Purwanto, Ngalim. 1995. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, Novi Nur Eka. 2018. Skripsi "Inovasi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Unggul SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Kabupaten Danukusuman". Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Republik Indonesia Undang-Undang Nomor. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus media.

Ridwan, 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2014. Inovasi Pendidikan, cet ke-VII. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, Ulber. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Silasahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kua blitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodah. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarata:Prenada Media.

Syafarudin, 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Tatik, Suryani. 2008. Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yoyakarta: Graha Ilmu.

Uhbiyati, Abu Ahmadi dan Nur. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Wahjosumido, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Tinjauan teoritik dan permasalahannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widodo, 2017. Metode Penelitian Populer & Praktis. Jakarta: Rajawali Press.

Internet dan Aplikasi

Almanhaj. 2020. Keutamaan-menunjukkan-kebaikan,https://almanhaj.or.id/9758-keutamaan-menunjukkan-kebaikan.html/ (diakses pada 02 Juli)

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Rohmat, M. N., & Hisyam, M. (2022). Inovasi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Faidatuna, 3(3), 12–26. https://doi.org/10.53958/ft.v3i1.166