Program Standardisasi Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswadi MI Takkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.185Keywords:
Program Standardisasi, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan Karakter siswa dalam sebuah lembaga pendidikan saat ini sering kali diabaikan karena dampak dari teknologi dan kurangnya pengawasan oleh orang tua maupun guru. Keberhasilan dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa ini salah satunya ditentukan oleh adanya guru yang berstandar dan memiliki kompetensi melalui proses standardisasi guru. Hal ini yang mendasari dilakukannya penelitian di MI Tawakkal Denpasar Bali yang memiliki siswa yang prestasi belajarnya cukup baik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program standardisasi guru di MI Tawakkal, untuk mengetahui program standardisasi guru dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa MI Tawakkal, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa MI Tawakkal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa: Program standardisasi guru di MI Tawakkal berjalan dengan baik karena berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan oleh yayasan dan lembaga, Program Standardisasi Guru menghasilkan guru yang berkualitas sesuai standar kompetensi guru, sehingga dapat meningkatkan pembelajaran dan pendidikan karakter siswa, dan Faktor penghambatnya yaitu keluarga yang tidak berperan sepenuhnya dalam menerapkan pendidikan karakter di rumah, pengaruh negatif sosial media, serta lingkungan negatif.
References
Budi Handoyo. 2012. “Kendala-Kendala Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah” https://hangeo.wordpress.com/2012/03/15/kendala-kendala-implementasi- pendidikan-karakter-di-sekolah/ (diakses pada 09 Januari 2020, pukul 22.30)
Gunawan, Heri. 2012. “Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi.” Bandung: Alfabeta
Guza, Afnil SS. 2008. “Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.” Jakarta: Asa Mandiri
Hasibuan, Malayu S.P. 2006. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” Jakarta: Bumi Aksara
Imron, Ali. “Manajemen Pesertadidik Berbasis Sekolah.” Malang: Bumi Angkasa
Jurnal Kemko Kesra RI. 2010. “Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa,” Jakarta
Kaelan. 2012. “Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner.” Yogyakarta: Paradigma
Kemendikbud RI. 2017. “Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.” Jakarta: Tim PPK Kemendikbud
Kementrian Agama. 2016. “Al Qura’an dan Terjemah.” Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Balitbang dan Diklat
Khan, Yahya. 2010. “Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri.” Yogyakarta: Pelangi Publishing
Masnur, Mulich. 2007. “Sertivikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik.” Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, Masnur. 2011. “Pendidikan Karakter.” Jakarta, Bumi Aksara PP RI No. 102 Tahun 2000. 2000. “Standarisasi Nasional.” Jakarta: Asa Mandiri
Sholeh, Hidayat. 2014. “Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Menurut Perspektif Islam.” Banten: Elex Media Komputindo
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sulhan, Najib. 2011. “Panduan Praktis Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa Sinergi Sekolah dengan Rumah.” Surabaya : Jaring Pena
Wahjosumdjo. 2016. “Kepala Sekolah Sebagai Edukator”. Jakarta: Insan Media
Wibowo, Agus. 2013. “Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah, (Konsep dan Praktik Implementasi.” Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Zubaedi. 2011. “Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan.” Jakarta : Kencana Prenada Media Group