Peranan Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Di SMA Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020

Authors

  • Faizal Alif Nugraha Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Mahrusun Mahrusun Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Dinansyah Dinansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.190

Keywords:

Peranan Kebijakan dan Pendidikan Karakter

Abstract

Kepala sekolah merupakan komponen pendidikan yang paling berperan dalam memberikan kebijakan- kebijakan untuk kualitas pendidikan. Usaha peranan dan kebijakan kepala sekolah sangat diperlukan dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peranan dan kebijkan kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA Albanna Denpasar, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMA Albanna Denpasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga teknik yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah (1) Peranan kebijakan kepala sekolah sudah berjalan dengan cukup baik karena berpedoman dengan aturan yang telah ditetapkan oleh yayasan, (2) Faktor pendukung dalam penelitian ini adanya support dan motivasi yayasan, orang tua dan guru serta adanya fasilitas dan lingkungan yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu keluarga yang tidak sepenuhnya satu visi dan misi dalam menerapkan pendidikan karakter dirumah, kemudian tidak aktifnya guru bimbingan dan konseling, serta pengaruh negatif teknologi sehingga berdampak pada pergaulan bebas.

References

Abdul, Wahab, Solichin. 2014. Analisis Kebijakan: dari Formulasi Ke Penyusunan Mode- Model Implementasi Kebijakan Publik, Jakarta: Bumi Aksara
Al Fatih. 2012. Qur’an Tafsir Perkata Tajwid, Jakarta: PT. Insan Media Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: PT. Bima Karya
Fitri, Zaenul, Agus. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Hasbullah. 2015. Kebijakan Pendidikan; Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hariyanto dan Samani, Muchlas. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Imron, Ali. 2008. Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia, Proses, Produk dan Masa Depannya, Jakarta: Bumi Aksara
Karwati, Euis dan Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta
Koesoema A, Dani. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Gramedia
Mulyasa. E. 2003, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarta Offset
Muhaimin. A. 2011, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta:
Ar-Ruzz Media
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Mustofa, Bisri dan Tisnawati, Tin. 2009 Tehnik menulis karya ilmiah menghadapi sertifikasi, Semarang: Ghyyas
Moleong, J, Lexy. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta
STAI Denpasar Bali. 2019. Pedoman Penyusunan Skripsi, Denpasar: STAI Denpasar Bali
Sunyoto, Danang. 2019. Kepemimpinan Manajerial, Yogyakarta : CAPS
Sulhan, Najib. 2011. Panduan Praktis Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa Sinergi Sekolah dengan Rumah, Surabaya : Jaring Pena
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan, Yogyakarta: Usaha Keluarga
Syafaruddin. 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Wahjosumidjo. 2016. Kepala Sekolah Sebagai Edukator, Jakarta: Insan Media
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Published

2023-02-22

How to Cite

Nugraha, F. A., Mahrusun, M., & Dinansyah, D. (2023). Peranan Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Di SMA Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020. Faidatuna, 4(1), 257–272. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.190

Most read articles by the same author(s)