Pengaruh Reward Terhadap Prestasi Kerja Guru Di Yayasan Sekolah Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Hasanat Uzzahroh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia
  • Sudarsono Sudarsono Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia
  • Rusmayani Rusmayani Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.174

Keywords:

Penghargaan, Prestasi Kerja Guru

Abstract

Abstrak

Pemberian reward terhadap guru yang berprestasi akan memberikan motivasi kepada guru untuk lebih meningkatkan produktifitasnya dalam bekerja. Prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh reward terhadap prestasi kerja guru di Yayasan Sekolah Albanna Denpasar 2) Besar kontribusi reward terhadap prestasi kerja guru di Yayasan Sekolah Albanna Denpasar. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Sampel ditentukan dengan rumus slovin dan didapatkan sebanyak 107. Data dianalisis dengan regresi sederhana yang sebelumnya didahului dengan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian reward terhadap prestasi kerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh Y= 47,334+0.525X yang berarti jika variabel reward meningkat 1 poin maka akan ada peningkatan pada reward sebesar 0,525. Dilihat dari uji F diketahui Fhitung sebesar 65,334 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,23 dengan signifikan < 0.05, yaitu 0.000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. 2) variabel reward memiliki kontribusi sebesar 37,7% terhadap variabel prestasi guru dan selebihnya yaitu 62,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

References

Ayat Alquran dan Perundang-undangan

Kementrian Agama RI. 2012. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT Sinergi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 pasal 36 ayat 1 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 pasal 367 ayat 3 tentang Guru dan Dosen

Buku Referensi

Azwar, Saifuddin. 2002. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Carton. 2012. The differential effects of tangible rewards and praise on intrinsic motivation: A comparison of cognitive evaluation theory and operant theory. International Journal of Methods in Psychiatric Research. Vol. 21

Djunaidi Ghoni dan Fauzan Almanshur. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Bumi Aksara

Gibson. 1997. Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Erlangga

Handoko. 2015. Manajemen Sumber daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ibnu Ismail, Muhammad Abu Abdullah Al- Bukhari. 2014. Al-Jami’ Shahih Al- Bukhari Juz I. Kairo: Dar Al Hadist

Jung Yoon, Hye. 2015. et al, Mechanisms Underlying Creative Performance: Employee Perceptions Of Instrinsic and Extrinsic Rewards For Creativity. International Journal: Social Behavior & Personality. Vol. 43 (7)

Kowtha dan Leng. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Bumi Aksara

Moh. Nur Hidayatullah dan Moh. Zaini Dahlan. 2019. Menjadi Kepala Sekolah Ideal

Efektif dan Efisien. Malang:Literasi Nusantara

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pangabean. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusi, cetakan ke-9. Jakarta: Kencana

Rofaah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Saifuddin Azwar. 2002. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Singodimedjo. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Bumi Aksara STAI Denpasar Bali. 2019. Pedoman Penyusunan Skripsi. Denpasar:STAI Denpasar Bali

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Fajar Interpratama Offset

Wirawan, Nata. 2012. Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi dan Bisnis (Statistik Deskriptif). Denpasar: Keraras Emas

Published

2023-02-28

How to Cite

Uzzahroh, H., Sudarsono, S., & Rusmayani, R. (2023). Pengaruh Reward Terhadap Prestasi Kerja Guru Di Yayasan Sekolah Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.174

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>