Pengaruh Implementasi Kurikulum Terhadap Kinerja Guru Di SD IT Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Rizka Mauliddina Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Imam Muhayat Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Rusmayani Rusmayani Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
Keywords: Implementasi Kurikulum, Kinerja Guru

Abstract

Implementasi kurikulum dan kinerja guru merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pendidikan. Secara garis besar Kurikulum sebagai program pelajaran yang direncanakan. Secara realitas SDIT Albanna Denpasar memiliki variasi kemampuan pendidik dalam tingkat pencapaian kurikulum, pembuatan kurikulum dibuat oleh semua kepala sekolah dan semua waka kurikulum seluruh unit. Yang mana kemungkinan hal ini akan mempengaruhi kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh implementasi kurikulum terhadap kinerja guru di SDIT Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020. 2) Besar kontribusi implementasi kurikulum mempengaruhi kinerja guru di SDIT Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini kuantitatif kolerasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan implementasi kurikulum terhadap kinerja guru di SDIT Albanna Denpasar, diketahui dari F linearity Fhitung < Ftabel yaitu 0.956 < 4.15, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, yang artinya regresi linier. 2) variabel implementasi kurikulum (X) memiliki kontribusi secara simultan sebesar 16,5% terhadap variabel kinerja guru (Y) selebihnya 83,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Abu Husain bin Al Hajjaj, Shahih Muslim, jilid I, Beirut, Dar al Fikr
Anita Lie. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo
Daud, Abu, Sunan Abu Dawud, Mesir: Maktabah Syarikah wa Matba’ah al- Musthafa, 3179
Departemen Agama, Al-Qur‟an dan Terjemahnya. Bandung: J-ART
Hasan Taufan Rahman. 2014. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru Bahasa Inggris di SMP Swasta se-Kabupaten Garut, Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia
Republik Indonesia. 2013. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika
Standar Nasional Pendidikan Bab VIII Standar pengelolan pasal 53 ayat 2 butir h
Republik Indonesia. 2013. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2023-02-22
How to Cite
Mauliddina, R., Muhayat, I., & Rusmayani, R. (2023). Pengaruh Implementasi Kurikulum Terhadap Kinerja Guru Di SD IT Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 289-304. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.192