Peranan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Mi Bina Ihsan Mulia Badung Bali Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • anita ditasari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia
  • Imam Muhayat Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia
  • Nur Wahyudi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.176

Keywords:

Peranan Profesionalisme Guru, Mutu Pembelajaran

Abstract

Profesionalisme guru adalah seorang yang bertugas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, kecakapan kepada peserta didik yang bertujuan untuk mengembangkan seluruh aspek pribadi. Masalah yang dihadapi di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali yakni kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru itu terhambat karena adanya kesenjangan antara teori dan praktik. Hal ini yang mendasari dilakukannya penelitian di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali yang memiliki siswa yang prestasi belajarnya cukup baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan profesionalisme guru di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali Tahun Pelajaran 2019/2020, dan faktor dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Peranan profesionalisme guru di MI Bina Ihsan Mulia Badung Bali telah terlaksana dengan baik. Walaupun ada faktor yang tidak dijalankan dengan profesional. Faktor dalam meningkatkan mutu pembelajaran ada 2 faktor yaitu pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah faktor internal guru, kurikulum, dan kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan guru dan ekonomi.

References

Al Quran dan Terjemahannya Kementrian Agama RI. 2011. Surabaya: Pustaka Agung Harapan
Anwar, Moch Idochi. 2012. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Azhar, Muhammad. 2004. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA Surabaya: Usaha Nasional
H. Makawimbang, Jerry. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung: Alfabeta
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, Irwan dan Amiruddin Siahaan. 2009. Manajemen Pengembangan Profesionalitas Guru. Bandung: Citapustaka Media Perintis
Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru
Rijal Hamid, Syamsul. 2012. Buku Pintar Hadis. Jakarta: Qibla.
Sudjana, Nana. 2012. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Afabeta
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Wina Sanjaya. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Published

2023-03-01

How to Cite

ditasari, anita, Muhayat, I., & Wahyudi, N. (2023). Peranan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Mi Bina Ihsan Mulia Badung Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 26–36. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.176