Komunikasi Kiai dalam Menjaga Komitmen dan Kompetensi SDM Beda Agama di Pondok Pesantren Bali Bina Insani Tabanan

  • Sudarsono Sudarsono STAI Denpasar Bali
Keywords: Komunikasi, Kiai, Komitmen, Kompetensi, SDM

Abstract

Komunikasi efektif bagi kiai penting dimiliki. Ada pelbagai dasar yang mendukung pentingnya komunikasi egektif bagi kiai. Pertama, komunikasi adalah proses pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian manajemen yang cukup banyak dilakukan oleh kiai di pesantren, kiai terus berupaya untuk menempatkan setiap orang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Kedua, komunikasi sebuah aktifitas yang cukup banyak menyita waktu pemimpin, kiai sebagai sosok sentral di pesantren tidak hanya melakukan komunikasi dengan santri dan pengurus pesantren akan tetapi dengan masyarakat luas. Saat terjadi komunikasi pemimpin bisa melakukan segala hal yang terkait dengan tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Semua informasi harus disampaikan melalui pelbagai bentuk media atau saluran komunikasi terhadap pemimpin. Supaya pemimpin memiliki dasar untuk membuat sebuah perencanaan dan kebijakan. Rencana oleh kiai dikomunikasikan dan disosialisakan bagi orang lain untuk kemudian dilaksanakan. Sebagaimana kiai dalam melakukan kebijakan yang menyangkut upaya menjaga komitmen dan kompetensi SDM yang dimiliki Pondok Pesantren Bali Bina Insani tanpa melihat perbedaan latar belakang.

References

[1] Arifin, Imron. 2012. Kepemimpinan kiai dalam perubahan manajemen Pondok Pesantren,Yogyakarta:CV Aditya Media.
[2] Daft, Richard L. 2011. Era Baru Manajemen (New Era Management) Buku 2. Jakarta.
[3] Gareth R. Jones and Jennifer M. George. 2016. Contemporary Management Ninth Edition, New York : McGraw- Hill Education.
[4] Luthan, Fred. 2015. Prilaku Organisai. Edisi sepuluh, edisi terj, Jakarta : Penerbit Andi.
[5] Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. 2010. Management Tenth Edition,edisi terj.Manajemen Edisi ke Sepuluh Jilid Jakarta: Erlangga.
[6] Robbins, Stephen P. Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisas Edisi 12 Jakarta: Salemba
[7] Saefullah. 2014. Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia.
[8] Stoner, James A.f. 1986. Manajemen Third Edition, New Jersey: Prentice-Hall.
[9] Ziemek, Manfred. 1986. Pesantren dalam Perubahan Sosial, ter. Butche B. Sundojo, Jakarta; Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat–P3M.
Published
2021-12-31
How to Cite
Sudarsono, S. (2021). Komunikasi Kiai dalam Menjaga Komitmen dan Kompetensi SDM Beda Agama di Pondok Pesantren Bali Bina Insani Tabanan. Widya Balina, 6(2), 200 - 209. https://doi.org/10.53958/wb.v6i12.99

Most read articles by the same author(s)