“PAK ABASS” MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs.) BINA IHSAN MULIA, BADUNG – BALI
Abstract
PAK ABASS yaitu program Pembiasaan Akademik Keagamaan: Asmaul Husna, Berdoa, Al-Qur’an, Sholat Berjamaah dan Sholawatan”. Pembiasaan diri di bidang keagamaan ini merupakan salah satu bentuk usaha mendidik siswa melalui proses pengulangan tentang ilmu keagamaan yang terus menerus agar diperoleh kebiasaan berupa karakter beragama yang diharapkan. Syarbini (2014) menyampaikan bahwa pembiasaan yang dilakukan sedak dini/sejak kecil akan membawa kegemaran dan kebiasaan tersebut menjadi semacam adat kebiasaan sehingga menjadi bagian tidak terpisahkan dari kepribadiannya. Penelitian ini merupakan penelitian terapan (applied research), yaitu penelitian aplikasi untuk memecahkan permasalahan- permasalahan tertentu sebagai best practice untuk Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) di MTs. Insan Mulia Badung-Bali. Metode yang digunakan adalah metode evaluasi (evaluation methode) yaitu metodhe yang diharapkan dapat mendukung pengambilan keputusan atau alternatif tindakan. Hasil penelitian menunjukan, bahwa: 1. rancang bangun program PAK ABASS Program pembiasaan akademik keagamaan di MTs. Bina Ihsan Mulia, Badung tercantum di dalam Rencana Kerja Tahunan Madrasa (RKT) pada setiap tahunnya berdasarkan kalender akademik tahun Pelajaran; 2. Tingkat keberhasilan program PAK ABASS secara menyeluruh dapat diidentifikasi dari arah pilihan selalu memperoleh skor rata-rata 43,89%. Sedangkan kategori sering memperoleh skor rata-rata persentase adalah 33,80%, arah pilihan kategori jarang memperoleh rata-rata skor 21,56%. Sisanya 0,65% sebagai arah pilihan tidak pernah. Konversi persentase maka diperoleh skor rata-rata 77,69% dengan kategori keberhasilan tinggi; 3. Karakter Islami dalam membentuk akhlakul karimah baik di rumah maupun di madrasah melalui program ini, dimana pilihan selalu memperoleh skor 48,21%. Sedangkan rata-rata skor pilihan sering yaitu 39,48%; rata-rata skor pilihan jarang adalah 12,16%; dan arah pilihan tidak pernah adalah 0%. Konversi skor persentase tingkat keberhasilan adalah sangat tinggi dimana perolehan skor rata-rata keduanya mencapai total 87,68%, sedangkan sisanya adalah 12,32% belum menunjukan karakter Islami berakhlakul karimah yang diharapkan; 4. Dampak (impact) berupa karakter Islami berakhlakul karimah yang dapat diambil melalui program PAK ABASS ketika siswa/i berada pada proses akademik full day school di MTs. Bina Ihsan Mulia, Badung adalah: a. siswa mudah diatur; b. minimnya tingkat pelanggaran siswa; c. ta’dzimnya pada guru yang tinggi; d. tingkat kejujuran siswa yang tinggi; e. berprestasi tinggi.
References
[2] Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
[3] Mujib, Abdul 2007. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[4] Muhaimin, dkk 2002. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[5] Mulyasa, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara
[6] Powel, Symbaluk, dan Honey. 2009. Introduce to Learning and Behaviour. (3rd ed). Boston, MA: Cengage Learing
[7] Oemar Hamalik (2011). Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
[8] Sudarsono, (2005). Etiks Islam tentang Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[9] Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
[10] Taufik,. Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode, Penerapan dan Peranan Tiga Elemen. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Jilid 20, Nomor 1, Juni 2014)
[11] Tohrin, (2006). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[12] Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia
[13] Kbbi.web.id di akses pukul 04.33 wita