Tips Mas Popo Sebagai Media Interaktif Evaluasi Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.462Keywords:
Tips Mas Popo, Media Interaktif, Evaluasi PembelajaranAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Reaserch And Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilakukan untuk mencari solusi permasalahan proses pembelajaran, khususnya dalam pelaksanaan evaluasi. Berdasarkan data awal berupa hasil observasi dan wawancara terhadap para guru, muncul permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu menegenai pelaksanaan evaluasi. Sekitar 90% guru ternyata tidak pernah melaksanakan proses evaluasi pada setiap akhir pembelajaran, dengan alasan yang sangat beragam. Adapun media pembelajaran yang digunakan dalam tindakan ini yaitu Tips Mas Popo. Tips Mas Popo merupakan akronim dari Template Interaktif pada Slide Master Power Point. Media evaluasi pembelajaran interaktif yang dirancang untuk digunakan dalam penelitian ini. Para guru hanya tinggal memasukkan data materi pembelajaran dan soal evaluasi ke dalam aplikasi media interaktif Tips Mas Popo lengkap dari awal pembelajaran hingga kegiatan evaluasi. Pada bagian evaluasi, materi soal pun dirancang menggunakan tombol-tombol navigasi seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kemudian, siswa dan guru bisa melihat langsung nilai hasil evaluasi yang dilengkapi dengan tampilan ucapan selamat kepada siswa yang berhasil atau ucapan “maaf/sorry”, apabila belum berhasil. Berdasarkan uji validitas, serta respon guru dan siswa, Media Interaktif Evaluasi Pembelajaran Tips Mas Popo memenuhi validitas isi dan konstruk serta kepraktisan, dan bisa digunakan oleh seluruh guru pengampu berbagai mata pelajaran.
References
[2] Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Penerbit PT Citra Aditya Bakti Cetakan ke -7.
[3] Henny,Maryati Ambarita. 2015.Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Berhitung Untuk Anak Kelompok A TK Teruna Bangsa. Universitas Negeri Yogyakarta.
[4] Hestari, Selvira, dkk. 2016. Validitas, Kepraktisan, Dan Efektivitas Media Pembelajaran Papan Magnetik Pada Materi Mutasi Gen. 5(1). Jurnal Ilmiah Berkala Biologi.
[5] Komarudin, Rachman dan Ridha. 2017. Analisis Perancangan Media Media Pembelajaran Animasi Iteraktif Mengenal Bahasa Jepang. Jurnal Pilar Nusa Mandiri Volume 13 No.1, Maret 2017
[6] Schramm, W. 1977. Big Media Litle Media. London : Sage Public-Baverly Hills. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
[7] Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kualitatif. untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretatif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Penerbit Alfabeta
[8] Tegeh, I Made. Dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta:Graha Ilmu.
[9] Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka.