IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DEEP LEARNING DALAM MEMBANGUN KARAKTER PLURALISTIK SISWA MTS AL MA’RUF DENPASAR, BALI
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v10i1.762Keywords:
Pedagogi kontekstual, Pendidikan karakter, Pembelajaran reflektif, Inklusivitas religiusAbstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sering kali belum menyentuh aspek afektif dan sosial siswa dalam menghadapi realitas keberagaman, khususnya di lingkungan multikultural seperti Denpasar, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, melaksanakan, dan memformulasikan model pembelajaran PAI berbasis deep learning dalam membangun karakter pluralistik di MTs Al Ma’ruf Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning yang diintegrasikan secara sistematis mampu menumbuhkan kesadaran beragama yang inklusif, sikap toleran, dan empati antarsiswa. Model pembelajaran yang dihasilkan Model Integratif-Reflektif Deep Learning menawarkan sintesis antara nilai-nilai keislaman dan realitas sosial siswa dalam konteks madrasah. Temuan ini memperkaya literatur pedagogi Islam kontemporer dan memberikan implikasi praktis bagi guru, pengembang kurikulum, serta pengambil kebijakan dalam merancang pendidikan agama yang transformatif dan adaptif terhadap tantangan pluralisme.
References
Arifin, I. (2019). Internalization of Islamic values in character education: A case study in higher education. Ta’dib: Journal of Islamic Education, 24(1), 15–29. https://doi.org/10.19109/tjie.v24i1.4178
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Hidayatullah, A. F. (2021). Pendidikan agama Islam berbasis nilai-nilai inklusif di sekolah multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 18(2), 101–112. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.182-03
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Mezirow, J. (2000). Learning as Transformation: Critical Perspectives on a Theory in Progress. Jossey-Bass.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (ed. revisi). Remaja Rosdakarya.
Suyadi, & Sutrisno. (2020). Hybridization of Islamic education and multiculturalism: Developing the model of Islamic multicultural education. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(2), 1–16. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i2.1482
Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Grasindo.
Zuhairini, Z., dkk. (2020). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara.