Karakteristik Peserta Didik Home Schooling Di Lembaga Bumi Baca Ceria
Abstract
Pendidikan non-formal adalah pendidikan yang dilakukan di luar sistem pendidikan formal. Pendidikan non-formal dapat dilakukan secara berjenjang ataupun tidak berjenjang. Dan peserta didik dari pendidikan non-formal selain memiliki kesamaan dengan peserta didik jalur formal, juga memiliki karakteristik yang menjadi pembeda dengan peserta didik jalur formal. Fokus penelitian ini adalah: 1) mengetahui bagaimana persamaan antara peserta didik home schooling lembaga bumi baca ceria dengan peserta didik formal, 2) mengetahui karakteristik dari peserta didik home schooling lembaga bumi baca ceria, 3) mengetahui kebutuhan spesifik peserta didik home shcooling lembaga bumi baca ceria. Tujuan penelitian adalah:1) untuk mengetahui persamaan peserta didik home schooling lembaga bumi baca ceria dengan peserta didik jalur formal, 2) untuk mengetahui karakteristik dari peserta didik home schooling lembaga bumi baca ceria, 3) untuk mengetahui kebutuhan spesifik peserta didik home schooling lembaga bumi baca ceria. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik Home Schooling Bumi Baca Ceria dan peserta didik formal memiliki persamaan dan perbedaan yang menjadi ciri khas keduanya. Dan diantara ciri khas dari peserta didik Home Schooling Bumi Baca Ceria adalah dari segi kurikulumnya. Kurikulum yang ditempuh oleh peserta didik Home Schooling Bumi Baca Ceria disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik tersebut.
References
[2] Hanifah, Hani, dkk. 2020. Perilaku dan Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan. Vol 2. No. 1.
[3] Hidayat, Rahmat dan Abdullah. 2019. Ilmu Pendidikan. Medan: LPPPI.
[4] Sahri, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. Yogyakarya: KBM Indonesia.
[5] Soedijarto. 2006. Kebutuhan Belajar Peserta Didik Pendidikan Nonformal dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Tenaga Kependidikan. Jurnal Ilmiah VISI TKP-PNF. Vol. 1. No. 2.
[6] Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta