Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Pada Elemen Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur
Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Canva, AkuntansiAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis canva untuk mengasah kemampuan peneliti dalam mendesain dan juga menciptakan proses belajar mengajar pada elemen Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur menjadi lebih menarik. Bahan ajar ini dirancang guna meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah pemahaman konsep akuntansi, khususnya pada materi dokumen sumber dan pencatatan transaksi. Menggunakan model pengembangan 4D, penelitian ini fokus pada tahap pengembangan (development). Pengembangan Bahan menghasilkan keluaran terbuka berupa video handout interaktif yang mudah diakses melalui perangkat seluler. Fitur interaktif pada materi terbuka ini memungkinkan siswa menjelajahi materi secara mandiri dan melakukan penilaian mandiri. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui bahan ajar yang inovatif. dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran siswa di era digital. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan inspirasi bagi para pendidik dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi. Hasil validasi para tenaga ahli menghasilkan data yang diolah oleh peneliti yaitu dengan mendapatkan kriteria “Sangat Layak” dengan penilaian presentase sebesar 87%. Sehingga handout digital sangat layak dipakai dan disebarluaskan.
References
Andriani, J., Hakim, L., & Listiadi, A. (2023). Accounting Gamified (Accmified) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 7(2), 640–651. https://doi.org/10.29408/jpek.v7i2.23259
Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan bahan ajar komik digital pada materi gerak. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2), 97-104. https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829
Dewi, O. A., Hayati, L., Hikmah, N., & Sarjana, K. (2023). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis canva pada materi lingkaran. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 162-169. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5169
Fahrezi, G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Flip Book Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Akuntansi Persediaan. 16(1), 58–70. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3550
Gunawan, R. (2022). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar/Modul Pembelajaran. Feniks Muda Sejahtera. http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13249
Indraswari, D., & Susilowibowo, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Practice Set Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Flipbook untuk Kelas XI Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 242-256. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p242-256
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2017). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47-65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
Juniors, R., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-book Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 143–147. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n3.p55-59
Lena, L. A. N., Samiha, Y. T., Habisukan, U. H., Wigati, I., Hapida, Y., & Anggun, D. P. (2020, November). Studi tentang Pengembangan Bahan Ajar E-Book. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 3, No. 1, pp. 33-40). https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio/article/view/514
Maelani, P., & Yana Yusyama, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Canva Sebagai Sarana Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Digital Yang Kreatif Dan Inovatif Di Sdn 1 Ciuyah Lebak Banten. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 962–968. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2.372
Magdalena, I., Aini, F. A., Shafirra Aziz, D., & Saharani, A. L. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah MIN 1 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2. http://jurnal.anfa.co.id
Margareta, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Pemahaman pada Mata Kuliah Akuntansi Menengah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4594-4604. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1521
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan bahan ajar menggunakan canva pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 104-108. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13464
Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur The Development of E-Book Teaching Materials on the Subjects of Manufacturing Companies Accounting Practicum. 20, 154–162. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.26269
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di sma. Jurnal kumparan fisika, 2(3 Desember), 145-152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Tania, L. (2017). pengembangan bahan ajar e-modul sebagai pendukung pembelajaran kurikulum 2013 pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa siswa kelas x akuntansi smk negeri 1 surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21294
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flip book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67-76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76